Home » Blog Elite » SEO Hack » Mengenal Apa itu Meta Tag dan Cara optimasi untuk ranking website

Mengenal apa itu Meta Tag dan cara optimasi agar berdampak pada ranking website

Mengenal apa itu Meta Tag dan bagaimana cara optimasi meta tag untuk meningkatkan kinerja SEO website pada hasil pencarian Google.

Mengenal Apa itu meta tag

Ungkapan yang cukup sering penulis sampaikan, bahwa ranking website di Google tidak di dominasi hanya oleh satu factor saja.

Tapi, dipengaruhi oleh banyak faktor.

Untuk anda yang belum tahu apa saja factor ranking website yang berdampak pada ranking website, kami sudah menulis artikel tentang factor ranking website ini pada bagian lain.

Nah, pada kesempatan ini kita akan bahas salah satu faktor ranking yang cukup besar pengaruhnya pada ranking website.

Faktor ranking tersebut adalah meta tag.

Apa itu meta tag, seperti apa penampakannya serta bagaimana cara optimasi agar berdampak pada ranking website ,kita akan bahas pada tulisan ini.

Mengenal apa itu Meta Tag

Agar kita tahu bagaimana cara optimasi, ada baiknya kita mengenal apa itu meta tag terlebih dahulu. Mari kita bahas di bawah ini.

Meta Tag adalah serangkaian kode yang digunakan untuk mendeskripsikan sebuah halaman website agar lebih mudah dikenali oleh pengunjung maupun Google.

Meta tag yang umum kita lihat adalah title tag dan meta deskripsi serta url.

Setidaknya ada 6 meta tag yang harus dikenali oleh praktisi SEO pemula. Agar bisa mengoptimalkannya dengan baik untuk meningkatkan ranking website.

1). Tag Title

Tag Title ini akan terlihat dibagian atas browser.

Umumnya tag title ini akan tampil sebagai judul website maupun judul halaman. Merupakan bagian yang paling awal dilihat oleh pengunjung website.

Tag Title ini akan memberikan pesan pada pengunjung apakah halaman website relevan dengan kueri yang mereka ketikan atau tidak.

Dulu jumlah karakter title tag ini dibatasi hanya 60 karakter saja.

Disinilah kepiawaian anda sebagai praktisi SEO di uji. Kemampuan copywriting dan SEO untuk memastikan disukai user dan Google sekaligus.

 

2). Meta Deskripsi

Meta deskripsi adalah deskripsi singkat seputar halaman website anda.

Tidak berbeda dengan title tag, meta deskripsi juga memberikan gambaran singkat seputar halaman website. Tapi dengan jumlah karakter yang lebih banyak.

Beberapa praktisi SEO menyakini bahwa meta deskripsi memiliki pengaruh yang cukup kuat pada ranking website di pencarian Google.

Bahkan meta deskripsi tidak saja berpengaruh pada SEO secara tidak langsung, ia juga berdampak pada CTR dan juga peringkat website di Google.

Dalam membuat meta deskripsi kita harus mampu menggabungkan antara kebutuhan copywriting untuk meningkatkan CTR dan keyword placement untuk meningkatkan ranking website.

Hal ini menjadikan proses pembuatan meta deskripsi tidak sederhana.

Akhirnya banyak website owner yang tidak terlalu memikirkan hal ini. Apalagi untuk website yang berbasis ecommece (toko online).

Berikut contoh meta deskripsi untuk hasil pencarian kueri "Diet Keto" :

Meta Deskripsi

Tips membuat Meta Deskripsi :

  • Gunakan bahasa yang sederhana
  • Harus bisa mewakili isi konten website
  • Usahakan tidak lebih dari 155 karakter
  • Sertakan Call to Action
  • Sertakan kata kunci utama dan terkait
  • Pastikan meta deskripsi unik dan tidak sama dengan halaman lain.

Beberapa bulan terakhir Google bahkan "mengenerate" meta deskripsi sendiri dari konten yang kita tulis. Jadi tidak selalu dari meta deskripsi yang kita buat.

3). Meta Keyword

Meta keyword merupakan bagian meta tag yang digunakan untuk menempatkan kumpulan keyword yang terkait dengan halaman website.

Secara default meta keyword tidak akan terlihat oleh user.

Tapi, meta keyword bisa dirayapi oleh bot google dan kemudian menilai relevansi halaman website dengan melihat meta keyword yang kita pasang.

Jika kita menggunakan Yoast SEO, biasanya kita hanya bisa menambahkan  satu keyword. Kecuali untuk pengguna plugin Yoast Premium.

4). Meta Robot

Meta Robot adalah meta tag yang berfungsi untuk menginformasikan pada mesin pencari  bagaimana seharusnya mereka merayapi halaman website.

Meta robot ini biasanya terlihat seperti dibawah ini :

<meta name="robots" content="index, follow">

Salah menggunakan meta robot akan berdampak negatif pada peringkat website di hasil pencarian Google. Berikut ini adalah penjelasan dari meta robot diatas.

  • Index : kode untuk memberitahu bot mesin pencari agar mengindex halaman.
  • Noindex : memberitahu agar bot tidak mengindex halaman website
  • Follow : memberitahu bot agar merayapi link yang ada dihalaman.
  • Nofollow : memberitahu pada bot Google agar tidak merayapi link.

Selain dengan cara diatas, kita juga bisa setting meta robot dengan menggunakan kode:

<meta name=”robots” content="none">

ini berarti memerintahkan bot untuk mengikuti.

Cara optimasi meta Tag pada website WordPress

Pada tahap berikutnya kita akan bahas bagaimana cara optimasi meta tag pada website WordPress menggunakan plugin gratis.

Beberapa plugin yang bisa digunakan adalah Yoast dan Rankmath.

Dan pada kesempatan ini kita akan contohkan bagaimana cara optimasi meta tag menggunakan plugin Yoast. Silahkan perhatikan dibawah ini.

 

1. Optimasi Title dan Meta Deskripsi

Untuk bisa optimasi title tag dan meta deskripsi, kita tidak perlu paham bahasa HTML, PHP serta bahasa pemrograman lainnya.

Cukup install plugin Yoast SEO dan ikuti pengaturan yang dianjurkan.

Selanjutnya, setiap kita menerbitkan halaman dan postingan baru. Tinggal masukan title tag dan meta deskripsi pada bagian yang sudah disediakan.

Dibawah ini adalah salah satu contohnya.

Meta Tag title dan deskripsi tag

Salah satu trik yang selalu penulis terapkan untuk membuat title tag dan meta deskripsi adalah dengan menyebutkan apa benefit yang bakalan mereka dapatkan ketika membaca.

Seperti meta deskripsi diatas misalnya.

Penulis menyebutkan tindakan yang akan dilakukan + benefit yang di dapatkan + teknik dan cara yang bisa mereka lakukan.

Biasanya cara ini cukup ampuh untuk meningkatkan CTR.

2. Cara optimasi meta keyword

Sedangkan untuk meta keyword, kita bisa menambahkan dibagian "frasa kunci utama". Ketikan kata kunci yang anda targetkan disana.

Sayangnya, kita hanya bisa menargetkan 1 kata kunci untuk versi gratis.

Pastikan frasa kunci utama tidak lebih dari 4 kata. Karena kalau lebih dari 4 kata akan ada peringatan dari pluginnya. Dan memang kurang bagus untuk SEO.

3. Cara optimasi meta robot

Melalui fitur ini kita bisa memilih apakah Google menampilkan halaman website dipencarian atau tidak. Termasuk mengikuti link yang ada dihalaman atau tidak.

Jika menggunakan plugin Yoast SEO ini. Kita bisa membuat setting lanjutan seperti memblokir index image, archive dan snippet.

Coba perhatikan gambar meta robot dibawahi ni.

Meta robot

Dengan bantuan plugin Yoast kita tidak perlu lagi menulis meta robot secara manual.

Cukup pilih pengaturan sesuai dengan yang kita inginkan, maka secara otomatis mesin pencari akan mengikuti settingan ini. Dan kita terhindar dari kesalahan.

Kesimpulan

Untuk bisa masuk halaman pertama Google, tentu kita harus mengoptimasi beberapa metrik seo yang berdampak pada peningkatan ranking di Google.

Meta Tag adalah salah satu metrik tersebut.

Mengetahui cara optimasi meta tag dengan benar sudah menjadi keharusan agar kita tidak melakukan kesalahan.

Khusus untuk teman-teman yang masih pemula, bisa mengikuti beberapa tips yang kami jabarkan diatas dalam optimasi meta tag.

Semoga membantu dan bermanfaat.

Tulisan terkait

TOP