Alamat Kantor:

Zavira Regeny Blok A7
Batas Kota Pekanbaru - Kampar, Riau — Indonesia

Teknik dan Strategi Link Building untuk meningkatkan ranking website

Teknik dan Strategi Link Building dan cara memilah kualitas sumber backlink website untuk meningkatkan ranking website di Google
strategi link building

Daftar Isi :


Teknik dan Strategi Link Building tahun 2022 untuk meningkatkan ranking website pada pencarian Google Organik.

Keberhasilan Optimasi SEO website terpengaruh oleh banyak hal.

Tidak ada faktor yang benar-benar menentukan peringkat website kita pada pencarian Google. Semua faktor saling mendukung satu sama lainnya dalam mencapai halaman pertama Google.

Salah satu faktor ranking website yang harus kita perhatikan adalah backlink.

Hanya saja, teknik dan strategi link building yang kita lakukan juga berpengaruh pada kualitas backlink yang akan kita dapatkan.

Oleh karenanya, perlu bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas yang berdampak pada peringkat website.

Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat kita melakukan link building. Silahkan baca, pahami dan praktekan.

Relevansi , Lokasi, Kualitas Konten

Bagian pertama yang mempengaruhi kualitas backlink yang kita dapatkan adalah relevansi topik tempat kita memasang backlink serta placement linknya.

Backlink yang kita pasang dalam konten, sidebar, footer, komentar blog maupun menu utama akan memiliki nilai yang berbeda satu sama lainnya.

Bahkan, backlink yang kita pasang pada 3 paragraf atas akan berbeda jika kita pasang pada bagian akhir postingan anda.

Oleh kaernanya, kita perlu memperhatikan ini dengan baik.

Jika kita merujuk pada relevansi, maka lokasi yang paling berharga untuk memasang backlink adalah dalam konten yang kita terbitkan.

Usahakan kita mendapatkan backlink dari bagian ini.

Ini bukan berarti mendapatkan backlink dari lokasi lain adalah cara yang buruk, tidak. Anda tetap bisa mendapatkan backlink dari lokasi lain.

Hanya saja, backlink dari dalam konten jauh lebih berharga.

Kepercayaan Domain

Tingkat kepercayaan domain mungkin  bisa juga kita sebut dengan otoritas domain.

Tapi, ini bukan otoritas dari pihak ketiga seperti Moz, Ahrefs dan tool SEO modern lainnya. Ini memang istilah yang sama, tapi maksudnya berbeda.

Beberapa indikasi bahwa sebuah domain memiliki otoritas atau kepercayaan apabila kita bandingkan dengan  domain lain akan terlihat dengan indikasi berikut:

Usia Domain

Domain yang memiliki usia yang lebih tua akan memiliki tingkat kepercayaan yang lebih baik apabila kita bandingkan dengan domain yang baru saja kita daftarkan.

Berkali-kali kami membuktikan domain yang lebih tua akan jauh lebih mudah proses optimasinya, selama tidak ada history domain yang buruk dari sudut pandang Google.

Brand terkenal

Jika brand usaha dan bisnis anda dikenal secara off-line, biasanya calon pengguna jasa maupun pembeli produk akan mencari layanan anda dengan megnetikan nama brand.

Nah, hal ini akan memberikan sinyal kepercayaan pada domain anda.

Kutipan

Jika suatu waktu website anda di kutip oleh website lain, dan disisi lain mereka juga mengutip website lain yang lebih otoritas, maka hal ini akan berpengaruh pada otoritas web anda.

Ini seolah-olah mensejajarkan anda dengan mereka.

Itulah mengapa ada baiknya kita memasang backlink ke website kita bersamaan dengan backlink ke website lain yang lebih otoritas pada topik yang sama.

Banyak pakar SEO yang menyakini bahwa website yang mendapatkan link dari website edu akan memiliki tingkat kepercayaan yang lebih baik apabila kita bandingkan dengan yang lain.

Itulah mengapa banyak orang yang menawarkan backlink Edu.

Gunakan Anchor Text Alami

Sebenarnya distribusi anchor text dianggap cukup penting sejak beberapa tahun lalu. Tepatnya sejak 10+ tahun lalu. Ia menjadi sesuatu yang penting dalam strategi link building.

Ini diperkuat dengan hadirnya algoritma Google penguin.

Dimana algoritma akan menghukum website yang menggunakan anchor text yang cenderung seragam. Atau yang lazim kita kenal dengan sebuatan over-optimasi.

Oleh karenanya, mulai sekarang cobalah untuk membuat backlink dengan anchor text yang bervariasi. Tidak perlu terobsesi dengan anchor text yang menggnakan keyword utama.

Ada banyak sekali jenis anchor text yang bisa kita gunakan.

Seperti brand anchor, partial match anchor, LSI Acnhor dan lain sebagainya.

Bahkan banyak website gagal masuk halaman pertama Google karena tidak mengikuti kaidah ini secara konsisten, akhirnya peringkat website stagnan pada halaman 5 keatas.

Untuk anda yang ingin belajar bagaimana distribusi anchor text, kami sudah pernah menulisnya langsung pada salah satu blog SEOElite.

Buat Tautan NoFollow.

Lagi-lagi ini masalah differensiasi.

Kita harus memastikan setiap backlink yang kita buat akan menghasilkan profile backlink yang bervariasi, termasuk dalam hal atribut dofollow dan nofollow.

Karena sebenarnya sangat mustahil sebuah website hanya menghasilkan backlink atribut dofollow secara konsisten, begitu sebaliknya.

Praktek yang paling umum kita temukan adalah selalu ada mix diantara keduanya.

Maka kita tidak perlu khawatir dengan backlink nofollow. Kalaupun mereka tidak terhitung sebagai backlink yang bagus, tapi setidaknya ia akan memberikan profile backlink yang bervariasi.

Karena saat ini masih banyak yang menganggap backlink nofollow tidak berguna.

Bagi kami sebagai salah satu penyedia Jasa Backlink PBN, backlink nofollow bukanlah sesuatu yang harus kita hindarkan. Kita tetap bisa mengkapitalisasinya untuk meningkatkan ranking website.

Masalah kapan harus menggunakan dofollow dan kapan pula harus menggunakan backlink atribut nofollow, itu soal lain yang akan kita bahas nanti.

Salah satu ciri backlink berkualitas adalah backlink yang berasal dari halaman yang memiliki trafik yang relevan dengan backlink yang kita buat.

Misalnya kita membahas tentang strategi link building, kemudian kita pasang backlink ke halaman lain yang membahas tentang strategi SEO Off Page.

Maka backlink seperti ini sangat bagus untuk meningkatkan performa SEO.

Memang untuk mendapatkan backlink seperti ini tidak mudah, tapi jika anda punya budget sedikit saja. Anda bisa membeli backlink PBN Premium dari Salman Agency.

Kita tahu bahwa backlink spam memiliki dampak yang buruk pada website.

Oleh karenanya kita harus berusaha untuk menghindarinya. Namun, ada beberapa kondisi dimana kita tidak menyadari bahwa sumber backlink kita berpotensi spam.

Salah satu ciri sumber backlink spam adalah “mudah membuat backlink” disana.

Misalnya backlink komentar yang auto approve.

Kami melihat ada banyak sekali Agency SEO Indonesia yang menawarkan backlink dengan harga murah, tapi ternyata sumber backlink mereka adalah sumber spam.

Ada ratusan bahkan puluhan ribu backlink yang mereka pasang disana dengan cara spam.

Text yang mereka pasang kadang menandung hyperlink semua. Ini adalah praktek yang tidak bagus dalam strategi link building anda.

Menariknya, ini kadang dilakukan oleh mastah yang cukup terkenal di dunia SEO.

Sehingga dianggap backlink tersebut tidak ada masalah bagi SEO website kita. Padahal, hal ini berpotensi mengundang hukuman dari Google.

Kecuali jika backlink tersebut kita gunakan untuk tier 2 dan 3.

Sebelum lebih jauh, kami tekankan pada anda bahwa yang salah bukan tentang membeli backlinknya. Tapi pada tujuan dan cara yang kita lakukan.

Banyak praktisi SEO yang membeli backlink hanya agar domainnya memiliki DA/PA diatas 40+, DR 30+ atau sekedar meningkatkan trust flow.

Padahal tujuan kita mendapatkan backlink bukan untuk itu semuanya.

Kita harus tahu bahwa domain authority, domain rating maupun trust flow hanyalah metrik yang dikeluarkan pihak ketiga dan tidak terlihat secara langsung mempengaruhi ranking.

Apalagi jika caranya tidak sesuai dengan kaidah link building yang umum kita lakukan.

Karena tujuannya agar metrik naik, maka tidak pernah peduli dengan kualitas backlink yang mereka gunakan untuk melakukan link building.

Kesimpulan

Mulai sekarang kita harus ubah persepsinya.

Kita melakukan link building adalah agar peringkat website makin naik seiring proses akuisisi backlink berkualitas dalam jumlah yang lebih besar.

Metrik yang kita dapatkan dari pihak ke 3 hanya bonus saja.

Default image
Hidayat Mundana

Hi, SEOElite hadir untuk menyediakan informasi bermanfaat seputar Digital Marketing, Ecommerce, SEO serta tips-tips dasar SEO untuk pemula.

Articles: 32

Leave a Reply