Home » Blog Elite » SEO Hack » Apa itu Meta Deskripsi dan Bagaimana cara optimasi untuk naikan ranking

Apa itu Meta Deskripsi dan Bagaimana cara optimasi untuk naikan ranking

anchor text

Pengertian Anchor Text & cara optimasinya untuk ranking di Google

Mengenal Meta Deskripsi pada SEO

Jika anda baru saja mengenal SEO dan masih tahapan belajar SEO Dasar, mungkin istilah meta description terdengar aneh ditelinga anda.

Istilah ini cukup sering diperbincangkan dalam teknik SEO karena besarnya dampaknya pada peningkatkan peringkat website anda pada hasil pencarian Google.

Jika ingin ranking website naik, maka optimasi meta description adalah langkah penting. Bahkan backlink tidak akan memberikan efek signifikan jika elemen ini diabaikan.

Nah, sekarang apa itu meta description dan bagaimana pula cara optimasinya sehingga berdampak pada peningkatkan ranking website.

Mari kita bahas bersama-sama.

Apa itu Meta Deskripsi

Meta Deskripsi adalah potongan informasi yang ditampilkan google pada hasil pencariannya. Lazimnya dipasang pada heading halaman website.

Untuk anda yang masih bingung mana bagian yang kita sebut dengan meta deskripsi, anda bisa perhatikan gambar dibawah ini.

Secara umum, google menampilkan 3 elemen.

Mulai dari Tag Judul, Slug Halaman serta Meta Description. Ketiga elemen ini berguna untuk memberikan gambaran pada pengguna tentang halaman website yang ditampilkan Google.

Seperti yang sudah kita singgung diawal.

Tag deskripsi ini memiliki dampak yang sangat signifikan pada perubahan peringkat. Karena, tag deskripsi yang bagus akan meningkatkan CTR (Click Through Rate).

Dan peningkatan CTR adalah salah satu sinyal relevansi.

Semain tinggi persentase CTR halaman website, maka google menganggap halaman website tersebut semakin relevan dengan query (keyword) yang diketikan pengguna.

Saat membuat sebuah artikel, maka kita juga harus menyertakan tag deskripsi yang menarik. Tag deskripsi yang mendorong orang untuk klik.

Untuk anda yang masih bingung bagaimana cara membuat meta deskripsi yang SEO dan User Friendly, mungkin beberapa hal ini bisa membantu.

Cara optimasi meta deskripsi

Agar tag deskripsi benar-benar bermanfaat untuk meningkatkan peringkat website untuk keyword yang anda target, ada baiknya anda mengikuti cara optimasi tag deskripsi dibawah ini.

1. Kurang dari 155 karakter

Semua praktisi SEO harus tahu bahwa Google hanya menampilkan maksimal 155 karakter dari tag deskripsi yang kita buat.

Jika anda membuat meta deskripsi yang lebih panjang, maka google akan memotongnya.

Beberapa sumber juga mengatakan bahwa google tidak mengukur berdasarkan jumlah karakter, tetapi berdasarkan pixel.

Jadi, angka 155 karakter adalah angka umum yang paling sering kita lihat.

Untuk anda yang masih ragu dan bingung apakah meta deskripsi yang dibuat sudah memenuhi ketentuan Google, bisa menggunakan alat yang bisa ditemukan dengan mudah.

2. Menyertakan keyword utama

Saat anda membuat meta deskripsi, pertimbangkan untuk memasukan keyword utama anda di tag deskripsi tersebut.

Jika memungkinkan sama persis lebih baik. Namun jika tidak bisa menggunakan Exact Match Keyword, mungkin anda bisa menggunakan LSI keyword saja.

Yang penting, penggunannya terlihat natural oleh pengguna.

Bagian lain yang juga penting untuk anda lakukan, menempatkan keyword diawal tag deskripsi jauh lebih bagus dibandingkan meletakannya diakhir tag deskripsi.

Tapi sekali lagi, jangan dipaksakan. Sehingga bahasanya tidak rancu.

Kami juga tidak menyarankan untuk memasang keyword secara berulang-ulang pada tag deskripsi anda. Selain terlihat tidak natural, ini juga berpotensi dihukum Google.

3. Relevansi

Anda harus membuat meta deskripsi yang relevan dengan isi website.

Jangan pernah mencoba membohongi pengguna dan Google. Membuat tag deskripsi yang berbeda dengan isi halaman website.

Jika anda ingin rankingnya terus naik dan stabil, buatlah tag deksripsi yang memberikan gambaran konten yang sedang anda angkat di website.

Relevansi ini akan membantu anda mengurangi Bounce Rate.

Karena bounce rate yang tinggi, akan membuat peringkat webiste anda turun secara konstan. Jangan pernah berharap ranking jika bounce ratenya tinggi.

4. Call to Action

Sebaiknya anda juga menyertakan ajakan bertindak, lazimnya disebut Call to Action.

Sertakan kata-kata yang orientasinya untuk bertindak. Seperti, pelajari lebih lanjut, temukan rahasianya disini, lihat disini, klik disini dan lain sebagainya.

Menyertakan Call to Action di meta deskripsi akan sangat berdampak pada peningkatan CTR, karena pengguna diberitahu apa yang harus mereka lakukan.

Jadi, pastikan tag deskripsi anda ada ajakan bertindaknya.

Contoh Meta Deskripsi

1. Contoh meta deskripsi yang baik

Untuk anda yang masih bingung seperti apa meta deskripsi yang baik, mungkin bisa melihat salah satu meta deskripsi dari website Azhima.id dibawah ini.

contoh-meta-deskripsi-yang-bagus

Pada gambar diatas, kita lihat terdapat keyword, relevan dengan halaman serta memiliki Call to Action untuk mengirimkan keyword yang akan dioptimasi.

2. Contoh meta deskripsi yang buruk

Contoh-meta-deskripsi-yang-buruk

Pada gambar diatas, kita lihat tiak ada sama sekali pemilihan keyword yang dioptimasi untuk halaman tersebut, termasuk relevansi call to action.

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui seputar tag deskripsi.

Kami berharap, dengan mengetahui apa itu Meta Deskripsi serta bagaimana cara optimasinya. Akan membantu anda dalam meningkatkan peringkat website dihasil pencarian Google.

Tulisan terkait

TOP