Alamat Kantor:

Zavira Regeny Blok A7
Batas Kota Pekanbaru - Kampar, Riau — Indonesia

10 Cara Mempromosikan Bisnis di Google, + 5 teknik promosi paling populer

10 Cara Mempromosikan Bisnis di Google, mulai dari Google Bisnis, Google Organik, Google Ads, Admob dan banyak lagi, lihat disini
cara mempromosikan bisnis di google

Cara Mengiklankan Bisnis Anda Di Google

Setidaknya ada 10 cara mempromosikan bisnis menggunakan platform Google untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan, penjualan dan tentu saja profit.

Baik menggunakan Iklan berbayar maupun menggunakan SEO.

Pada kesempatan ini kita akan coba membahas 5 cara mempromosikan bisnis paling populer menggunakan platform Google, gratisan maupun berbayar.

Nanti juga akan kami tambahkan setidaknya 5 platform periklanan lainnya.

Dan postingan ini kami buatkan untuk anda yang masih bertanya-tanya tentang “cara mempromosikan bisnis di Google untuk meningkatkan keuntungan”.

Selain menggunakan Google, sebenarnya kami sudah membahas beberapa teknik Digital Marketing yang cocok untuk anda, silahkan cek.

Ini 10 Cara Menampilkan Bisnis Anda Di Google

1. Iklankan menggunakan Google Ads

Cara pertama untuk mengiklankan bisnis Anda di Google adalah dengan menggunakan Google Ads (platform ini dikenal dengan sebutan Google AdWords).

Google Ads adalah platform periklanan online yang dapat digunakan bisnis untuk mempromosikan produk dan layanan mereka melalui Jaringan Iklan Google.

Beberapa diantaranya adalah dari Google Penelusuran, YouTube, dan website yang bergabung dengan Google Adsense.

Dengan platform Google Ads, Anda dapat membuat dua jenis kampanye iklan: Pay-Per-Click (PPC) dan Cost-Per-Thousand Impressions (CPM).

PPC adalah model periklanan digital di mana pengiklan membayar biaya setiap kali salah satu iklan mereka diklik sementara CPM adalah metode untuk hanya membayar setiap seribu tampilan (tayangan) iklan online.

Biaya mengiklankan bisnis Anda dengan Google Ads ditentukan oleh budget iklan.

Untuk profit mungkin bergantung pada audiens target, kata kunci, landing pages, dan sasaran bisnis Anda (mis., awarness, prospek, atau penjualan).

Saran saat menggunakan Google Ads

Berikut ini adalah beberapa rencana yang baik untuk diikuti untuk menjalankan Google Ads yang efektif untuk bisnis Anda meliputi:

  • Menetapkan tujuan bisnis Anda.
  • Menentukan audiens terbaik untuk iklan.
  • Melakukan riset kata kunci.
  • Menetapkan anggaran dan tawaran yang optimal.
  • Menulis salinan iklan berkinerja tinggi.
  • Membuat halaman arahan yang efektif yang mengkonversi.
  • Mengembangkan urutan tindak lanjut yang baik untuk prospek yang tidak berkonversi.

Sumber daya yang bagus untuk memeriksa pengoptimalan anggaran Iklan Google adalah panduan terkait tentang berapa banyak kata kunci per grup iklan.

Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk membayar Jaminan Google yang menambahkan lapisan ekstra kepercayaan pelanggan ke iklan lokal Anda.

2. Siapkan Profil Google Bisnis

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara mengiklankan bisnis di Google untuk pencarian lokal, maka Google Bisnis adalah cara yang paling hemat biaya.

 Google Bisnis (sebelumnya Google Bisnisku), adalah layanan gratis untuk mempromosikan bisnis Anda di Google Penelusuran dan Google Maps untuk menarik pelanggan lokal ke etalase Anda atau dalam area layanan Anda.

Dengan membuka akun Google Bisnis, memverifikasi perusahaan Anda, dan memperbarui informasi Profil Anda untuk pelanggan, Anda dapat mencapai pengoptimalan mesin telusur (SEO) lokal yang lebih baik untuk bisnis Anda.

Menggunakan Profil Bisnis Google untuk beriklan online penting untuk SEO lokal karena algoritme Google menampilkan bisnis lokal di bagian atas halaman hasil mesin pencari (SERP) untuk permintaan pencarian lokal.

Misalnya, jika bisnis Anda adalah restoran yang menawarkan All You Can eat di Bogor, tetapi Anda tidak memiliki Google Profil Bisnis terverifikasi gratis, maka restoran Anda tidak dapat muncul di listingan lokal Google lokal, khusunya di Bogor.

Itu berarti pelanggan yang ingin menemukan restoran Jepang dengan konsep All yo can eat di area lokal Anda tidak akan terekspos ke bisnis Anda di Google Penelusuran atau Google Maps.

Oleh karena itu, menyiapkan Google Profil Bisnis sangat penting untuk mengiklankan perusahaan Anda di Google, apa pun jenis bisnis yang Anda jalankan.

Saran Optimasi Google Bisnis

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari upaya periklanan Anda, lihat panduan terkait ini untuk membuat dan meningkatkan Profil Bisnis Google Anda untuk SEO:

  • Cara Membuat Akun Google Bisnisku
  • Cara Beriklan Di Google Bisnisku
  • Cara Menambahkan Kata Kunci ke Google Bisnisku
  • Daftar Periksa Pengoptimalan Google Bisnisku
  • Bagaimana Lokasi Google Bisnisku Dapat Diverifikasi?

3. Optimalkan Daftar Google Maps Anda

Cara lain untuk beriklan bisnis di Google adalah melalui listingan Google Maps, yang dibuat secara otomatis saat kita membuat Google Bisnis.

Namun, halaman Google Maps Anda tidak akan dioptimalkan dengan sempurna di awal, jadi Anda harus menyempurnakannya untuk mendapatkan hasil maksimal dari metode periklanan gratis ini.

(Catatan: Anda juga dapat mengatur lokasi toko Anda di Google Maps dengan mengikuti petunjuk di panduan lain tentang listing di Google Maps.)

Saran optimasi Google Maps

Untuk mengoptimalkan cantuman Google Maps Anda untuk iklan bisnis, Anda harus fokus pada strategi berikut:

Tambahkan Foto & Video Berkualitas Tinggi

Pelanggan senang melihat foto dan video bisnis sebelum mereka mengunjungi etalase atau menyewa perusahaan untuk suatu layanan.

Tambahkan sebanyak mungkin foto dan video berkualitas tinggi ke Google Profil Bisnis Anda yang menunjukkan produk dan layanan Anda untuk membantu pelanggan membuat keputusan yang tepat tentang bekerja sama dengan bisnis Anda.

Publikasikan Postingan Bisnis

Listingan Google Maps dapat menyertakan postingan, yaitu pembaruan yang dapat ditambahkan dari Profil Bisnis Google Anda untuk mempromosikan penawaran Anda.

Dapatkan Ulasan Google

Daftar bisnis Google Maps dengan ulasan positif (setidaknya bintang 4) cenderung mendapatkan peringkat lebih tinggi untuk pencarian lokal.

Dan beberapa pakar SEO lokal telah menemukan bahwa bisnis dengan setidaknya 10 ulasan mendapatkan visibilitas mesin pencari terbanyak.

Jadi, carilah cara untuk mendorong pelanggan Anda meninggalkan ulasan positif untuk bisnis Anda di Google Maps guna memanfaatkan metode ini untuk beriklan di Google.

Posting Pertanyaan & Jawaban

Siapa pun dapat mengajukan pertanyaan tentang bisnis Anda dan menjawabnya di Google Maps; bahkan Anda sebagai pemilik bisnis.

Tip periklanan yang bagus di sini adalah mengajukan pertanyaan umum tentang produk dan layanan Anda dan kemudian menjawabnya untuk dibaca pelanggan Anda.

Sematkan Peta Google di Situs Web Anda

 Menyematkan daftar Google Map bisnis Anda di situs web Anda dapat membantu meningkatkan peringkat Anda di SERP.

Sebagian besar perusahaan menempatkan peta di halaman kontak mereka. Untuk menyematkan peta, buka peta di Google, lalu klik tombol “Bagikan”.

Selanjutnya, pilih “Sematkan Peta” dan klik “Salin HTML”. Terakhir, masukkan kode HTML ke halaman web Anda.

Bangun Kutipan Lokal

 Kutipan lokal menyebutkan bisnis Anda di Internet di situs pihak ketiga seperti direktori bisnis.

Membuat kutipan lokal membantu mengonfirmasi nama, alamat, nomor telepon, dan URL situs web bisnis Anda, yang memverifikasi keaslian bisnis Anda dan membangun kepercayaan.

4. Gunakan Pencarian Google untuk Iklan Organik

Setiap pemilik bisnis yang serius ingin beriklan di Google perlu membuat strategi optimasi pencarian organik yang baik . SEO organik adalah cara gratis untuk meningkatkan eksposur di Google untuk bisnis Anda di hasil pencarian.

Kita bisa menargetkan kata kunci tertentu yang relevan dengan produk dan bisnis kita.

Semakin banyak kata kunci organik yang berhasil berperingkat di Google, semakin besar pula potensi lalu lintas pencarian organik yang dapat diperoleh website Anda.

Pada akhirnya, ini akan membantu kita menghasilkan lebih banyak prospek, pelanggan, dan penjualan untuk bisnis Anda yang tidak perlu mengeluarkan uang sama sama sekali.

Untuk melakukan SEO, anda bisa focus pada 4 elemen penting dalam SEO website, seperti Audit website, technical SEO, Onpage SEO dan Off-Page SEO.

Dan memang untuk melakukan 4 hal ini dibutuhkan pengetahuan teknis terkait. Anda bisa mempelajarinya secara gratis di Youtube maupun di litleproject.

Namun, jika anda lebih menghargai waktu maka bisa mendelegasikannya langsung pada Pakar SEO yang sudah berpengalaman puluhan tahun melakukan SEO, seperti seolelite.id ini misalnya.

Saran saat melakukan SEO sendiri

Kalaupun anda memilih untuk melakukannya sendiri, mulailah dengan melakukan beberapa hal krusial  berikut ini, mudah-mudahan memberikan hasil yang memuaskan, seperti :

— Riset pilih keyword yang tepat

— Buat Konten yang relevan dengan produk dan bisnis anda

— Optimasi onpage (semua konten), seperti title tag, meta tag, meta deskripsian, keyword placement, internal link dan beberapa pendekatan SEO onpage lainnya.

— Konsisten menerbitkan konten relevan di blog anda.

— Setelah website sudah memiliki trafik, mulailah melakukan link building secara berlahan. Mungkin mulai dari 2 – 3 backlink dulu per pekan.

— Saat melakukan link building, gunakan anchor text yang aman. Seperti brand achor text, naked anchor text dan generic anchor text.

— Optimalkan distribusi anchor text agar aman dari update algorita Google dimasa depan.

— Evaluasi setiap proses SEO dengan disiplin.

5. Tambahkan Produk Di Google Shopping

Cara berikutnya untuk beriklan di Google adalah dengan menambahkan produk Anda ke platform Google Shopping, yang merupakan cara gratis agar produk Anda terdaftar di tab Google Shopping, Google Search, dan Google Gambar.

Untuk memanfaatkan metode periklanan ini, Anda harus melakukan hal-hal berikut:

  • Buat Akun Google Merchant
  • Buat Feed Produk untuk Google

Seperti yang disebutkan dalam panduan ini tentang cara mempromosikan bisnis saya di Google secara gratis, Akun Google merchant memungkinkan Anda mengelola tampilan inventaris produk di toko Anda di Google dan feed adalah file yang berisi daftar produk yang Anda inginkan untuk beriklan melalui Merchant Center.

Lebih Banyak Platform Periklanan Google

Ada beberapa platform periklanan Google lainnya yang dapat Anda gunakan untuk memasarkan dan mempromosikan bisnis Anda secara online.

Daftar opsi berikut dapat digunakan untuk melengkapi metode periklanan utama yang telah disebutkan di bagian sebelumnya.

6. Google Ad Manager

Google Ad Manager adalah platform pertukaran iklan untuk bisnis yang memiliki penjualan langsung yang signifikan dan memberikan kontrol terperinci serta mendukung beberapa jaringan dan pertukaran iklan.

Platform perturakan iklan ini memfasilitasi pembelian dan penjualan iklan sekaligus melindungi merek Anda.

Namun, AdSense atau AdMob (disebutkan di bawah) mungkin lebih cocok untuk bisnis Anda bergantung pada jenis periklanan yang perlu Anda kelola.

7. Google AdSense

Google Adsense adalah cara untuk memonetisasi situs web Anda dengan iklan untuk membantu menutup sebagian anggaran iklan Anda melalui Google Ads.

Bahkan, ketika Anda mengiklankan bisnis Anda di Google, salah satu opsinya adalah mempromosikan produk dan layanan Anda melalui Jaringan AdSense, yaitu iklan yang muncul di situs web lain.

8. Google AdMob

Google AdMob adalah platform periklanan seluler yang dapat Anda gunakan untuk menghasilkan pendapatan dari aplikasi bisnis Anda.

Pemilik bisnis yang memilih untuk mengiklankan produk dan layanan melalui iklan dalam aplikasi melakukannya melalui platform Google AdMob.

Ini juga merupakan cara untuk mendapatkan uang dari pengiklan lain yang ingin membayar agar iklan mereka ditampilkan kepada audiens aplikasi Anda.

9. Platform Google Marketing

Google Marketing merupakan platform periklanan dan analitik terpadu yang dapat membantu bisnis Anda melakukan keputusan pemasaran yang lebih cerdas untuk memberikan hasil yang lebih baik bagi bisnis Anda.

Ini memiliki alat yang ampuh untuk usaha kecil dan perusahaan besar.

10. Google Optimize

Google Optimize (sebelumnya Google Website Optimizer) adalah alat pengujian terpisah A/B yang membantu Anda menguji dan mengukur keefektifan laman landas Anda.

Ini adalah platform gratis dan berguna untuk menemukan cara baru meningkatkan metrik pengoptimalan tingkat konversi (CRO) untuk iklan Anda.

Terakhir

Saya harap Anda mendapatkan manfaat dari panduan ini tentang cara mengiklankan bisnis Anda di Google, termasuk Google penelusuran.

Kita bisa menggunakan salah satu, beberapa atau mungkin semuanya.

Akan tetapi, untuk bisnis yang baru mulai dan termasuk bisnis berkembang. Mungkin ada baiknya memilih salah satu cara mempromosikan bisnis yang paling mungkin.

Jika budget anda terbatas, mulailah dengan Google Bisnis dan SEO.

Default image
Hidayat Mundana

Hi, SEOElite.ID hadir untuk menyediakan informasi bermanfaat seputar Digital Marketing, Ecommerce, SEO serta tips-tips dasar SEO untuk pemula.

Articles: 34

Leave a Reply