Alamat Kantor:

Zavira Regeny Blok A7
Batas Kota Pekanbaru - Kampar, Riau — Indonesia

7 Trik SEO Website Dealer Mobil dan Motor, Pemula pun bisa melakukannya sendiri

Jika anda seorang sales atau pemilik Dealer Mobil dan Motor, sangat disarankan untuk membaca, memahami dan mempraktekan beberapa trik SEO Dealer mobil dibawah ini.
seo website dealer

Daftar Isi:


Promosi Dealer melalui Google

Sebelum kita bahas tentang SEO Website Dealer lebih jauh, mungkin ada baiknya kita baca dulu beberapa fakta berikut ini.

Dari tahun ke tahun industri otomotif terasa makin kompetitif. Bahkan perubahan perilaku pembeli ikut mempersulit situasi.

Dan tentu saja ada banyak variabel yang mempengaruhi kondisi ini.

Baik persaingan antara pemain, kondisi keunagan masyarakat yang semakin memburuk pasca pandemi hingga perubahan teknologi yang begitu cepat.

Dan jika anda sebagai pemain di industri otomotif masih ingin kebagian kuenya, maka tidak punya pilihan selain memutar otak.

Harus mencoba hal-hal baru, terutama dalam hal pemasaran.

Karena dalam banyak hal, pemasaran memiliki dampak yang sangat signifikan pada penjualan produk yang kita tawarkan.

Bicara soal pemasaran modern, kita tidak akan terlepas dengan yang namanya pemasaran online, tentu menggunakan internet.

Tapi, sebelum lebih jauh membahas soal pemasaran online. Ada baiknya kita bahas dulu perubahan perilaku pembeli sebagai dampak dari teknologi.

Yuk kita bahas sama-sama.

Perubahan perilaku pembeli

Tidak bisa kita pungkiri, perilaku pembeli 10 tahun lalu tentu saja berbeda dengan perilaku pembeli mobil hari ini.

Dulu, kecenderungannya mendatangi dealer secara langsung. Sehingga keberadaan showroom menjadi sangat penting bagi setiap perusahaan.

Hanya saja, hal ini sudah tidak berlaku untuk saat ini.

Hari ini kita bisa mendapatkan informasi tentang apapun, termasuk seputar mobil impian yang ingin kita beli melalui Google pencarian.

Semuanya bisa kita temukan bermodalkan “telunjuk”.

Buka handphone, ketikan kata kunci sesuai dengan informasi yang ingin kita cari dan Google sebagai “pelayan” kita menyajikannya untuk kita.

Mulai dari harga mobil, spesifikasi, kekurangan, kelebihan hingga simulasi kredit.

Kita tidak perlu kemana-mana untuk mendapatkan berbagai informasi seputar mobil yang ingin kita beli. Cukup buka smartphone dan googling.

Dari sudut pandang penjual mobil, ini artinya kita harus hadir pada pencarian Google saat ada yang sedang mencari produk dan layanan kita.

Jika kita tidak muncul, maka calon pembeli akan pindah ke penjual lain. Begitu seterusnya, kita akan kehilangan banyak pembeli potensial.

Tentu anda tidak ingin ini terjadi.

Oleh karenanya kita harus melakukan sesuatu, setidaknya melakukan hal yang sama dengan mereka, kompetitor anda.

Salah satunya adalah dengan pelakukan pemasaran online berbasis search engine, lazim kita kenal dengan istilah SEO (Search Engine Optimization).

Apa yang harus kita lakukan?

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, kita harus masuk ke pemasaran online berbasis search engine. Hadir saat mereka mencari anda.

Ya, caranya dengan bikin website dan mulai optimasi. Karena, dengan cara inilah kita bisa muncul pada pencarian Google organik.

Dengan bantuan SEO, peluang website dealer kita tampil pada pencarian Google paling atas akan semakin besar.

Kita tahu bahwa dealer Mobil maupun Motor adalah “produk berbasis kebutuhan”. Orang mencarinya melalui Google saat mereka membutuhkan.

Sangat jarang bahkan mungkin tidak ada yang mencari produk berbasis kebutuhan secara sengaja melalui Facebook, Twitter maupun Instagram.

Lazimnya kita mencarinya melalui Google penelusuran.

Dan itulah mengapa kita perlu tampil pada pencarian Google saat ada orang yang mengetikan keyword seputar produk dan layanan yang kita jual.

Jadi, kami harap kita sepakat bahwa untuk bisa tampil pada pencarian Google kita harus punya website dan mengoptimasinya dengan SEO.

Pertanyaan pentingnya, bagaimana cara memulainya? Apa saja yang harus anda lakukan? Agar tidak bingung, mari kita mulai saja.

1. Riset Keyword

Jika kita mengandalkan pemasaran online berbasis search engine, maka riset kata kunci memiliki peranan yang sangat krusial.

Ia akan berdampak pada hasil SEO kita nantinya.

Oleh karenanya, kita harus melakukan riset kata kunci ini dengan serius. Lakukan dengan pengetahuan dan bahkan alat yang tepat.

Untuk anda yang masih bingung, apa itu riset kata kunci? Mari kita bahas sama-sama. Semoga saja bisa membantu.

Riset Kata Kunci adalah proses menemukan “kueri” yang diketikan pencari informasi pada Google penelusuran saat mereka mencari produk dan layanan kita.

Setidaknya ada 3 hal yang kita cari tahu, mulai dari frasa yang mereka ketikan, volume pencariannya serta level kompetisinya pada pencarian Google.

Frasa berguna untuk menentukan tipe konten yang akan kita terbitkan melalui website, volume pencarian berguna untuk mengukur potensi bisnisnya, sedangkan level persaingan untuk kebutuhan analisa kompetisi dari sisi SEO.

3 Hal ini harus kita ketahui secara tepat sebelum memulai SEO.

Misalnya elemen “frasa” atau kata kunci. Kita harus tahu kata kunci ini masuk pada tipe kata kunci yang mana.

Apakah masuk tipe informational, transactional, investigation maupun navigational.

Beda tipe kata kunci, beda konten yang akan kita sajikan. Untuk mengetahui topik terkait tipe konten ini, silahkan baca di blog SEOElite.

Lebih lanjut untuk cara menemukan kata kunci ini, kami sudah menulis topik terkait riset kata kunci ini pada bagian lain.

2. Content Planning

Setelah menemukan kata kunci yang tepat, maka langkah penting berikutnya adalah membuat konten yang sesuai dengan “intent” kata kunci tersebut.

Cuma, proses pembuatan konten ini tidak boleh serampangan.

Kita harus membuat dan menulis konten secara terencana. Apalagi jika kata kunci yang berhasil kita kumpulkan cukup banyak.

Maka kita masuk tahap krusial berikutnya, yaitu content planning.

Setelah berhasil menemukan banyak kata kunci potensial, kita harus mengelompokan kata kunci tersebut sesuak dengan “intent”nya.

Proses ini kita sebut dengan “keyword clustering”.

Setelah berhasil kita kelompokan, barulah kita masuk pada tahapan pembuatan konten. Sebaiknya serahkan pada ahlinya dalam menulis konten ini.

Untuk format konten, kita sesuaikan dengan intent keyword tersebut. Apakah studi kasus, komparasi, informasi biasa atau daftar tips dan lainnya.

Intinya, kita harus menyiapkan konten yang benar berkualitas untuk mendorong peringkat website pada pencarian Google.

Jika anda kesulitan memproduksi konten sendiri, delegasikan saja pada Agency SEO. Karena biasanya mereka punya tim yang sudah berpengalaman.

3. Bikin website mobile Friendly

Setelah 2 proses sebelumnya tuntas kita lakukan, kita masuk pada tahapan berikutnya, membuat website dealer.

Sebenarnya tahapan ini bisa paralel dengan proses sebelumnya.

Hanya saja, kita harus memastikan website dealer ini dibuat dengan mengikuti kaidah SEO, seperti fast loading, mobile friendly, responsive dan lainnya.

Jika anda tidak bisa membuatnya sendiri, bisa mendelegasikannya pada Agency Digital Marketing terdekat. Ini lebih masuk akal.

Harga Buat website Dealer sebenarnya relatif murah, harganya mulai dari 2.5 juta hingga 10 juta untuk webiste platform WordPress.

Jika anda ingin desain kustom, mungkin akan lebih mahal.

Salah satu desain website dealer yang cukup bagus dan SEO friendly adalah Halohonda. Bahkan ini terlalu murah jika harganya cuma 2.5 juta.

4. Optimasi website menggunakan SEO

Nah, sekarang kita masuk tahapan SEO website.

Memang SEO lebih banyak tindakan teknisnya. Sehingga tidak semua orang bisa melakukannya. Solusinya, delegasikan pada Konsultan SEO terdekat.

Ada banyak Agency SEO lokal yang bisa anda gunakan.

Anda bisa lihat melalui halaman berikut, SEO Bogor, Purwokerto, Semarang, Surabaya, Bali dan banyak lokasi lainnya.

Membuat Konten sesuai intent keyword

Sebenarnya, tahapan ini sudah anda lakukan saat content planning.

Cuma, anda harus pasitkan bahwa konten yang diproduksi harus benar-benar sesuai dengan intent keywordnya. Sehinggga bisa memenuhi keinginan user.

Saat keinginan user terpenuhi, biasanya Time on site akan tinggi (user akan bertahan lebih lama di website kita) dan ini sinyal baik untuk  SEO website kita.

Jadi, buatlah konten sesuai dengan intent.

Optimsi Onpage

Saat menerbitkan konten anda di website, jangan lupa untuk mengoptimasi onpage juga. Mulai dari Heading, gambar serta kecepatan halaman website.

Untuk judul gunakan heading 1 (H1), kemudian barulah H2,H3 dan seterusnya.

Idealnya, setiap konten terdapat 1 gambar yang memiliki alt tag sesuai dengan kata kunci yang ditarget. Untuk ukuran juga jangan terlalu besar, sesuaikan dengan kebutuhan.

Optimasi onpage yang lain adalah internal link dan speed halaman.

Anda bisa gunakan alat pengukur kecepatan halaman website untuk mengetahui seberapa cepat halaman anda dibuka.

Bisa menggunakan GTMetrix ataupun Google PageSpeed Insight.

Untuk mengetahui lebih banyak terkait SEO, termasuk SEO Onpage anda bisa mendalaminya melalui halaman belajar SEO yang sudah kami sediakan.

Link Building juga menjadi tahapan yang sangat penting dilakukan.

Hingga hari ini backlink masih menjadi faktor ranking website yang sangat menentukan. Dengan  backlink website bisa masuk halaman 1 Google lebih cepat.

Bahkan, bisa bertahan lebih lama di halaman satu Google.

Anda hanya perlu melakukan link building dengan benar. Tidak serampangan dalam membuat backlink yang mengarah ke website kita.

Pastikan selalu menggunakan backlink yang berkualitas saja.

Seperti backlink dari website authority, relevan dan kontekstual. Bukan backlink komentar dengan Outbound Link ribuan.

Jika anda menggunakan backlink komentar dengan outbound link ribuan, peluang website anda naik akan semakin kecil bahkan justru dipinalti.

Kami menyarankan untuk menggunakan backlink berkualitas seperti Guest Post, Content Placement dan Backlink PBN yang dikelola dengan baik.

Untuk backlink PBN berkuaitas, lihat disini.

Setidaknya itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan dalam melakukan SEO website Dealer. Jika anda melakukannya dengan benar, maka peluang anda mendapatkan pembeli secara konsisten dari Google akan semakin besar.

Trik SEO Tambahan dari Azhima SEO

Saat memilih keyword, utamakan keyword berbasis lokasi. Sesuai dengan lokasi dealer anda. Walaupun anda bisa saja menargetkan lokasi lain.

Dengan menargetkan keyword berbasis lokasi ini, peluang anda masuk halaman 1 Google akan semakin besar, tentu selain konversinya juga akan semakin tinggi.

Kami berharap tulisan singkat kami terkait bagaimana cara SEO website Dealer ini bisa membantu.

Jika anda tidak yakin melakukan SEO website Dealer sendiri, kami dari SEOElite siap membantu anda. Silahkan pelajari layanan yang kami tawarkan.

Semoga sukses.

Default image
Hidayat Mundana

Hi, SEOElite hadir untuk menyediakan informasi bermanfaat seputar Digital Marketing, Ecommerce, SEO serta tips-tips dasar SEO untuk pemula.

Articles: 32

Leave a Reply