Home » Blog Elite » SEO Hack » Agar blog muncul di Google paling atas tanpa iklan berbayar

6 Cara agar blog muncul di Google paling atas tanpa bayar iklan sama sekali

Ikuti 6 trik cara agar blog muncul di Google paling atas tanpa bayar iklan sama sekali. Hasilkan hingga 9.000 trafik dalam bulan pertama dengan cara sederhana

agar blog muncul di google paling atas

Kenapa Blog harus muncul di Google paling atas

Tugas selanjutnya setelah menerbitkan artikel adalah memastikan agar blog muncul di Google paling atas tanpa harus bayar iklan sama sekali.

Ini penting karena jika blog kita tidak ditemukan pada Google paling atas, maka akan mustahil ada yang tahu dan berkunjung ke postingan yang baru saja kita buat.

Jika tidak ada yang berkunjung, maka tidak ada yang akan melihat penawaran yang kita buat. Peliknya lagi, tidak ada yang akan beli produk yang kita jual.

Menurut statistik SEO yang dikeluarkan oleh Ahref, salah satu Tool SEO paling powerfull. Sebanyak 75% trafik Google itu dikuasai oleh mereka yang tampil di 3 besar.

Sisanya sekitar 25% barulah dibagi ranking 4 sampai seterusnya.

Itulah kenapa kita perlu melakukan optimasi lebih lanjut agar blog muncul di Google paling atas dan dikunjungi oleh banyak orang.

Nah, bagi teman-teman yang masih bingung apa yang harus dilakukan untuk optimasi blog ini. Mungkin beberapa hal dibawah ini bisa dilakukan.

1. Optimasi kata kunci yang tepat

Yang paling utama pada proses ini adalah memilih kata kunci yang tepat untuk dioptimasi. Pastikan teman-teman sudah melakukan riset kata kunci terlebih dahulu.

Jika belum tahu bagaimana cara riset kata kunci, bisa lihat postingan kami tentang ini. Disana kami juga sertakan tool riset kata kunci yang bisa digunakan.

Saran kami, pilihlah kata kunci yang sekiranya bisa teman-teman menangkan kompetisinya

Jadi, jangan terlalu terobsesi dengan volume pencarian besar. Optimasi kata kunci dengan volume pencarian 1000, 4000, 5000 atau 10.000 pencarian perbulan memang mengiurkan.

Akan tetapi, tidak ada gunanya jika akhirnya kita tidak bisa merankingnya.

Jadi, mulailah optimasi kata kunci dengan volume pencarian 100-300 saja terlebih dahulu. Pilih kata kunci yang benar-benar low competition.

Jika teman-teman konsisten menulis 1 artikel perhari, maka dalam sebulan sudah memiliki 30 artikel dengan volume pencarian 100-300 pencarian perbulan.

Jika berhasil masuk halaman pertama Google, setidaknya kita sudah punya potensi trafik sebesar 3.000- 9.000 trafik perbulan. Lumayan, untuk awal-awal.

Dibandingkan optimasi kata kunci 10.000 pencarian perbulan tapi tak kunjung ranking di Google. Tentu lebih bagus kita optimasi kata kunci low competion terlebih dahulu.

Ini strategi yang jarang dilakukan untuk memenangkan kompetisi.

2. Buat konten yang disukai Google dan pembaca

Setelah menemukan dan memilih kata kunci yang tepat, tugas berikutnya adalah menulis artikel yang disukai oleh Google dan sekaligus pembaca.

Perhatikan format artikel yang berhasil masuk halaman pertama Google untuk kata kunci yang ingin anda buatkan artikelnya.

Dan pastikan anda membuat artikel lebih baik dari mereka.

Lebih baik disini maksudnya artikel anda harus memberikan informasi lebih dibandingkan mereka, format yang lebih lengkap dan media yang lebih bagus.

Jika mereka tidak menyertakan tabel, mungkin anda bisa sertakan tabel. Jika gambar mereka hanya satu, mungkin anda bisa sertakan 2-4 gambar.

Begitu juga dengan format artikelnya. Buat format artikel yang mudah dipahami oleh pembaca. Membuat mereka penasaran dan terus terdorong untuk membaca.

Dengan menerapkan beberapa kriteria artikel diatas, maka sangat mudah  bagi postingan anda untuk muncul di Google paling atas.

Masih ragu, buktikan dengan mencobanya.

3. Usahakan postingan terindex Google

Keyword low competion dan konten yang super keren saja ternyata belum cukup untuk mendorong agar blog muncul di Google paling atas.

Ada langkah krusial berikutnya yang perlu anda lakukan.

Langkah tersebut adalah memastikan postingan anda terindex oleh Google. Ada banyak cara agar postingan blog kita terindex oleh Google.

Salah satunya adalah dengan submit url sitemap blog ke Google Web Master Tools. Biasanya dengan cara ini postingan akan terindex oleh Google.

Tapi, jika cara ini kurang manjur. Tidak ada salahnya anda menggunakan beberapa cara lain yang kami tulis melalui postingan ini, cara agar postingan cepat terindex Google.

Praktekan trik-trik yang kami bagikan tersebut.

4. Optimasi Internal Link

Trik lain agar postingan blog muncuk di Google paling atas adalah mengoptimasi internal link.

Banyak pemula yang mengabaikan cara ini. Padahal, jika kita mengoptimasi internal link dengan baik maka sangat dimungkinkan blog akan cepat tampil di halaman pertama Google.

Anda bisa memberikan internal link dari halaman lain yang sudah berhasil ranking di Google ke halaman yang baru saja anda terbitkan.

Tapi pastikan halaman tersebut memang relevan.

Jika pembaca terdeteksi oleh Google sering klik link tersebut, maka postingan yang sering dikunjungi melalui link tersebut akan semakin cepat mendapatkan ranking di Google.

Ini tidak ada teorinya. Tapi, kami sudah membuktikannya.

Dalam melakukan optimasi internal link, kita tidak boleh sembarangan. Anda harus perhatikan topik artikel, anchor text yang digunakan serta kualitas halaman sumber link internal.

Jika anda melakukan dengan benar dan konsisten, maka anda akan melihat hasil yang luar biasanya bagus dari sisi peningkatan ranking website di Google.

5. Berikan backlink Authority

Terkadang konten dan internal link yang bagus belum cukup untuk memangkan kompetisi pada hasil pencarian Google.

Jika ini terjadi, maka kita perlu lakukan trik berikutnya.

Yakni dengan memberikan backlink authority pada postingan tersebut. Untuk awal jangan terlalu bersemangat dengan memberikan banyak backlink.

Cukup berikan 1-2 link authority saja.

Salah satunya dengan menggunakan Jasa PBN. Biasanya, dengan 1-2 link PBN ini postingan akan langsung terlihat pergerakannya menuju halaman 1 Google.

Dan trik yang terakhir ini adalah cara yang paling umum agar blog muncul di Google paling atas tanpa harus menunggu berbulan-bulan lamanya.

6. Menunggu dan bikin konten lagi

Setelah menerapkan 5 cara agar blog muncul di Google paling atas, tapi ternyata belum juga masuk halaman pertama Google, maka yang harus dilakukan adalah menunggu.

Kita tidak bisa terburu-buru melihat hasilnya.

Apalagi jika postingan di blog kita baru ada 1 – 10 postingan saja. Biasanya, jika kita rutin postingan setidaknya sekali terbit dalam 2 hari, maka postingan lama akan berangsur naik.

Jadi, yang anda lakukan berikutnya adalah menunggu sembari membuat konten baru. Sampai anda memiliki setidaknya 50 sampai 100 postingan.

Setelah sampai pada tahapan ini, anda akan merasakan efek bola salju.

Tak percaya? Coba dan buktikan.

Saran terakhir bagaimana agar blog muncul di Google paling atas

Jika kita mengandalkan SEO untuk mendatangkan trafik ke blog kita. Maka kita harus memastikan blog muncul dipencarian Google paling atas.

Setidaknya ranking 1-10 di halaman pertama Google.

Untuk melakukan ini, anda tinggal mengikuti cara yang sudah kami bagikan diatas, bagaimana cara agar blog muncul di Google paling atas tanpa bayar iklan.

Dalam melakukan trik ini, anda harus sabar, tidak terburu.

Karena, tidak ada cara gratis yang benar-benar instan memberikan hasil bagus. Kecuali anda ingin menggunakan teknik pemasaran online menggunakan SEM (Search Engine Marketing), tentu hasilnya akan berbeda.

Terkait dengan SEM ini, kami sudah bahas dihalaman berbeda.

Tulisan terkait

TOP