Alamat Kantor:

Zavira Regeny Blok A7
Batas Kota Pekanbaru - Kampar, Riau — Indonesia

6 Teknik Digital Marketing paling cocok untuk anda coba, 2 diantaranya paling diminati

Teknik Digital Marketing yang bisa kita andalkan untuk meningkatkan kinerja pemasaran online kita secara signifikan. Apa saja teknik tersebut, mari kita bahas sama-sama.
Teknik Digital Marketing

Teknik Pemasaran Online paling diminati

Sebagai pemilik bisnis, tentu saja kita harus tahu teknik digital marketing yang tepat dengan model bisnis kita. Termasuk kanal yang akan kita gunakan nantinya.

Faktanya, banyak pemilik bisnis hanya ikut-ikutan saja.

Bahkan sebagian besar memilih kanal tertentu hanya karena terkesan lebih ramai dari sisi pengguna, tapi jarang dipertimbangkan apakah cocok dengan model bisnis kita atau tidak.

Baik dari sisi demografi, perilaku dan lainnya.

Nah, pada kesempatan ini kami mengingatkan  bahwa tidak semua kanal marketing cocok dengan produk dan layanan anda.

Pilihlah kanal yang paling tepat dan focus dulu disana.

Sebagai gambaran, pada kesempatan ini kami mau membahas beberapa teknik digital marketing yang paling umum kita lakukan, termasuk kanal yang bisa kita exploitasi.

Baik, mari kita mulai bahasannya.

Daftar isi:


1. Sosial Media Marketing

Sosial media merupakan salah satu platform marketing online yang cukup kuat. Tidak saja dari sisi basis pengguna, tapi juga kesiapan mereka untuk bertransaksi.

Kita tahu ada banyak sekali platform social media yang bisa kita jadikan sebagai media marketing, seperti Facebook, Instagram, Youtube, Tiktok dan lainnya.

Pemasaran online menggunakan media social bisa menggunakan pendekatan organic maupun berbayar. Dan keduanya memberikan impact yang bagus pada bisnis kita.

Hanya saja, kita perlu menyesuaikan dengan budget dan tujuan marketing kita.

Selain itu, kita perlu memperhatikan platform social medianya. Sangat tidak cocok menawarkan produk untuk generasi Z pada Facebook, karena basis penggunanya sedikit.

Begitu juga sebaliknya, jarang sekali mereka yang usianya diatas 40 tahun yang memiliki akun tiktok, kecuali sangat sedikit. Sehingga tidak cocok menjual produk untuk mereka melalui tiktok.

Ini penting sekali kita perhatikan saat memilih platform social media untuk digital marketing.

2. Optimasi Mesin Pencari (SEO)

Search Engine Optimization, atau lebih lazim kita kenal dengan istilah SEO merupakan salah satu teknik digital marketing yang paling banyak dimanfaatkan oleh marketer online.

Ini tidak terlepas dari dominasi Google sebagai mesin pencari.

Kita tahu bahwa market share pengguna Google itu besar sekali, termasuk Indonesia. Sehingga ia menjadi bagian penting pengguna internet Indonesia.

Nah, kita sebagai pemilik bisnis tentu harus menyadari hal ini dengan baik. Kemudian memanfaatkannya sebagai salah satu strategi pemasaran online.

Perlu juga kita ketahui bahwa model bisnis yang sangat cocok dengan teknik digital marketing yang satu ini adalah model bisnis berbasis kebutuhan.

Yaitu produk maupun jasa yang akan kita cari ketika membutuhkannya.

Untuk melakukan SEO ini, anda tidak harus menguasainya terlebih dahulu. Karena banyak sekali Agency SEO yang menawarkan Jasanya.

Mulai dari Jasa SEO itu sendiri, hingga produk turunannya seperti Jasa Backlink, Press Release, Guest Post dan lain sebagainya.

3. Email Marketing

Tidak berbeda dengan SEO, email marketing merupakan teknik pemasaran online yang sudah kita gunakan sejak lama.

Dan masih sangat bisa kita andalkan hingga hari ini.

Kita bisa mengoleksi ribuan bahkan ratusan alamat email untuk kemudian kita kirimkan email ketika kita punya informasi maupun produk untuk pemilik email tersebut.

Ini adalah cara promosi produk yang sangat murah.

Dalam menjalankan teknik digital marketing yang satu ini, kita harus membuat pemilik email mendaftarkan email mereka secara sukarela pada kita.

Selanjutnya, kita mengirimkan email secara berkala pada mereka.

Untuk teman-teman yang menawarkan produk affiliasi, terutama produk digital. Kami sangat menyarankan untuk menggunakan teknik marketing online yang satu ini.

4. Content Marketing

Inti dari konten marketing adalah menciptkan konten yang memiliki nilai bagi para audien kita secara konsisten menggunakna platform tertentu.

Apakah itu Youtube, Sosial Media maupun blog.

Teknik Digital Marketing yang satu ini sangat bagus dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan brand awareness secara berkelanjutan.

Seperti yang dilakukan oleh sepatu keren merek “Nike”. Mereka selalu menggunakan atlet yang sedang naik daun untuk mengkampanyekan iklan mereka.

Dan tentu saja teman-teman juga bisa melakukannya.

5. Pemasaran Video

Sebenarnya video marketing sudah dilakukan oleh banyak perusahaan sejak lama, terutama sejak kehadiran Youtube.  Cocok sekali untuk produk yang butuh edukasi.

Dampak video marketing ternyata makin terasa sejak hadirnya Tiktok.

Apalagi basis pengguna platform ini memang banyak sekali yang usianya relative lebih mudah. Sangat cocok dengan audien yang ingin disasar banyak perusahaan.

Dan teman-teman juga bisa menggunakan teknik ini untuk memasarkan produk dan jasa.

Buatlah video yang relevan, bernilai dan distribusikan pada platform yang tepat. Maka teman-teman akan merasakan dampak yang sangat signifikan.

6. Web Advertising

Ini juga bukan teknik promosi yang baru.

Sejak dulu kita sering membooking space iklan pada website-webiste besar dengan trafik yang besar pula. Seperti detik, tribune dan lainnya.

Lebih jauh lagi, kita juga bisa menggunakan Google Ads untuk melakukan hal ini.

7. Membuat Aplikasi

Teknik pemasaran digital populer terakhir adalah membuat aplikasi.

Bahkan dengan aplikasi kita bisa mengumpulkan banyak sekali data dan behavior dari calon pelanggan kita secara konsiten.

Inilah yang banyak dilakukan oleh startup-startup besar dan kemudian menjadikan data yang mereka miliki sebagai cara untuk mendatangkan investor.

Pilih teknik Digital Marketing yang mana

Mungkin pertanyaan berikutnya, dari banyak teknik yang kita bahas. Bisnis anda cocok dengan teknik yang mana. Ini adalah pertanyaan penting untuk kita jawab.

Pada dasarnya, semua teknik ini bisa kita gunakan. Hanya saja, kita harus memiliki teknik pemasaran yang memiliki dampak paling besar pada bisnis kita.

Untuk mengetahui ini, kita harus tahu betul model bisnis yang kita jalankan. Bahkan mengetahui audiens yang ingin kita sasar pertama kali.

Ini nanti akan berpengaruh pada platform yang kita sasar dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Kita menyadari bahwa pemasaran online sudah menjadi keharusan bagi banyak bisnis hari ini. Hanya saja, kita harus memilih teknik digital marketing yang paling pas untuk kita tekuni.

Selain itu, kita harus tahu juga platform yang paling pas.

Untuk anda pemiliki bisnis berbasis kebutuhan, menggunakan Google sebagai platform prioritas adalah langkah yang paling tepat.

Setelah ini kita garap dengan maksimal, barulah menggunakan platform yang lainnya.

Default image
Hidayat Mundana

Hi, SEOElite hadir untuk menyediakan informasi bermanfaat seputar Digital Marketing, Ecommerce, SEO serta tips-tips dasar SEO untuk pemula.

Articles: 32

Leave a Reply