Apa itu Google Snack Pack dan Bagaimana cara mendapatkannya

Google Snack Pack

Mengenal Google Snack Pack

Hari ini kita akan bahas Google Snack Pack.

Dengan menguasai Google Snack Pack ini diharapkan omset bisnis lokal anda bisa naik secara signifikan. Karena pengunjung bisa menemukan anda dengan mudah.

Tidak itu saja, bisnis anda juga akan terlihat lebih terpecaya.

Baik, kita tidak akan berlama-lama. Mari kita bahas topik yang satu ini lebih jauh sehingga berguna untuk mengembangkan bisnis lokal anda.

Mari kita mulai.

Pengertian Google Snack Pack

Google Snack Pack adalah area kotak yang muncul pada bagian atas hasil pencarian lokal pada Google. Biasanya menampilkan 3 listing Google Bisnis yang dianggap Google paling relevan dengan keyword.

Dan faktanya, arena ini jauh lebih sering mendapatkan klik dari calon pengunjung.

Karena area ini memiliki peluang yang jauh lebih besar untuk mendapatkan klik, maka hampir semua pemilik bisnis berharap Google bisnis mereka tampil di area ini.

Tidak itu saja, dengan tampil diarea ini membuat bisnis anda jauh lebih dipercaya.

Inilah kekuatan pemasaran online dibandingkan off-line.

Pada dasarnya, ada beberapa informasi dasar yang akan ditampilkan di Google Snack Pack ini.

Beberapa diantaranya adalah Nama dan deskripsi bisnis, alamat website, kategori, review,ulasan, detail kontak, rating rata-rata, gambar bisnis dan jam kerja.

Informasi diatas hanya akan ditampilkan apabila anda mengisinya dengan benar.

Cara mendapatkan Google Snack Pack

Dari penjelasan sebelumnya, kita tahu posisi Google Snack Pack akan memberikan banyak keuntungan untuk bisnis anda dalam jangka panjang.

Mulai dari otoritas, trafik dan lain sebagainya.

Nah, agar google bisnis anda masuk ke Google Snack Pack. Mungkin beberapa cara dibawah ini bisa anda ikuti untuk mendapatkannya

Bussiness Signal

Menurut Moz, hampir 15% peringkat bisnis lokal di Google dipengaruhi oleh beberapa hal seperti keyword, kategori serta lokasi bsinis tersebut.

Nah, untuk anda yang ingin masuk Google Snack Pack pastikan untuk mengoptimasi 3 elemen penting diatas. Seperti Keyword, kategori dan lokasi.

Misalnya bisnis anda terkait dengan Service AC.

Maka, anda bisa menyertakan kata-kata service AC sebagai judul Bisnis. Seperti : Azhima Service AC

Selain itu, anda juga harus memastikan kategori yang dipilih sesuai dengan jenis bisnisnya. Jangan sampai salah. Termasuk saat menuliskan lokasi bisnis anda.

Dengan optimasi bagian ini, anda sudah 15% lebih maju daripada kompetitor.

External Location Signal

Selain signal Bussiness faktor berikutnya yang perlu menjadi perhatian saat optimasi Google Bisnis adalah External Location.

External Location Signal adalah Kutipan Google bisnis yang terdapat pada direktori bisnis online.

Google akan melihat konsistensi nama, deskripsi dan lokasi serta nomor telepon untuk kemudian layak dicantumkan di Google Snack Pack.

Semakin banyak dan konsisten, semakin kuat sinyalnya.

Onpage Signal

Suatu hal yang harus anda ketahui bahwa ranking Google bisnis anda di Google Search juga dipengaruhi oleh beberapa hal penting.

Diantaranya adalah nama bisnis, alamat bisnis, nomor telepon serta kata kunci yang relevan dengan keyword yang diketikan di kotak pencarian Google.

Semakin relevan, semakin bagus dampaknya pada Google Snack Pack.

Dan ini adalah salah satu langkah penting bagi bisnis off-line menuju online. Sehingga jualan online tidak lagi menjadi sesuatu yang sulit bagi pemilik bisnis off-line.

Backlink Signal

Bagian berikutnya yang perlu dioptimasi adalah Backlink Signal.

Semakin banyak dan berkualitas backlink yang mengarah pada bisnis lokal (Google Bisnis) anda, maka semakin positif pengaruhnya pada ranking.

Anda bisa menjadi penulis tamu dibeberapa website berbeda  dengan kualitas bagus dan menyertakan link menuju Google Bisnis anda.

Semakin banyak semakin bagus. Tapi, yang paling penting kualitasnya.

Review Signal

Sinyal berikutnya adalah review terhadap Google bisnis anda.

Semakin banyak, beragam serta fresh maka semakin bagus untuk peringkat Google Bisnis anda. Oleh karenanya, jangan lupa untuk meminta review jika anda memiliki pelanggan yang puas.

Terkadang jika mereka puas, mereka akan memberikannya secara Cuma-Cuma.

Tapi, jika mereka keberatan. Mungkin anda bisa menawarkan hadiah atau imbalan lainnya untuk setiap ulasan terbaik setiap bulannya.

Yang penting ulasannya beragam dan fresh.

Mobile & Behavioural Signal

Selain beberapa sinyal penting diatas, sinyal yang terakhir ini adalah salah satu sinyal yang juga harus menjadi perhatian saat melakukan optimasi.

Optimasi CTR, Mobile Clict to Calls, Check in Location dan Promosi terbaru.

Semakin tinggi CTR dan CTCm serta Check in Location maka semakin bagus sinyal yang diberikan pada google bisnis anda. Semakin besar peluangnya tampil di Google Snack Pack.

Untuk optimasinya, mungkin anda perlu memberikan sentuhan copywriting di deskripsi serta membuat layanan anda begitu penting untuk digunakan segera.

Yang penting selalu evaluasi bahasa yang anda gunakan.

Dengan mengoptimasi beberapa sinyal penting untuk Google bisnis diatas tentu semakin membuka peluang google bisnis anda tampil di Google Snack Pack.

Hanya saja, jika harus memilih beberapa dari banyak sinyal diatas. Prioritaskanlah penggunakan keyword yang relevan di judul Google Bisnis anda.

Itu akan membantu anda untuk mendapatkan Google Snack Pack.

Bisnis Lokal & Google Snack Pack

Salah satu langkah yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan penjualan bisnis lokal adalah dengan mengoptimasi Google Bisnis untuk Google Snack Pack.

Tampil di Google Snack Pack diyakini bisa mendorong naiknya permintaan akan layanan anda.

Dan ini sudah banyak yang membuktikannya. Apalagi untuk kategori bisnis  seperti penginapan. Ini menjadi bagian yang sangat penting dioptimasi.

Saat tamu tidak tahu harus menginap dimana, biasanya mereka akan mencari melalui Google.

Dan saat itulah anda muncul di Google Snack Pack.

TOP