Home » Blog Elite » Marketing Hack » Cara memasarkan produk Makanan UMKM melalui Internet

8 Cara memasarkan produk makanan UMKM melalui Internet, banjir order tanpa ribet.

Melalui postingan ini kita akan belajar cara memasarkan produk makanan UMKM melalui internet tanpa harus mengeluarkan budget yang super besar.

cara memasarkan produk makanan

Langkah-langkah cara memasarkan produk makanan UMKM

Untuk teman-teman yang ingin memperluas pangsa pasar tanpa harus mengeluarkan budget besar, maka pemasaran menggunakan internet adalah solusinya.

Pertanyaannya, bagaimana cara memasarkannya.

Nah, dibawah ini kami ingin membahas tahapan cara memasarkan produk makanan melalui internet. Sehingga bisa teman-teman ikuti.

Kami berharap, tulisan kali ini benar-benar membantu.

Mengupas cara memasarkan produk makanan

1. Mulai dengan riset pasar

Salah satu kunci kesuksesan pemasaran, termasuk pemasaran online adalah menargetkan pangsa pasar yang tepat dan sesuai dengan produk kita.

Kita tidak perlu khawatir dengan kualitas, harga dan fitur.

Karena ketika kita menargetkan pasar yang tepat, maka peluang terjadinya penjualan akan semakin besar. Sudah banyak yang membuktikannya.

Oleh karenanya, mulailah proses pemasaran anda dengan riset market.

Cari tahu siapa pasar anda, kemudian pelajari bagaimana kebiasaan onlinenya. Sosial media yang digunakan, marketplace yang dikunjungi dan lainnya.

Pada tahapan awal sebenarnya tidak perlu terlalu detail.

Intinya, kita tahu seperti apa kebiasaan online dari market ini. Sehingga kita bisa memilih channel pemasaran online yang tepat untuk dimanfaatkan.

Intinya, pelajari siapa market anda dengan baik dan optimalkan pemasaran dengan menggunakan channel sosial media yang sering mereka gunakan.

2. Kemampuan produksi dan delivery

Kadang kita terlalu fokus dengan pemasaran.

Padahal selain pemasaran, pondasi yang juga harus kokoh adalah produksi dan kemampuan delivery produk ketika ada yang pesan.

Sejak awal, anda harus ukur kemampuan ini.

Anda bisa produksi berapa dalam 1 bulan dan bisa delivery  dalam jumlah berapa  dalam 1 hari atau 1 pekan. Ini penting untuk dipertimbangkan.

Terkait dengan ini, biasanya dipengaruhi oleh sumber daya manusia yang anda miliki.

3. Buat kemasan yang menarik

Kita sepakat, isi jauh lebih penting daripada kulit.

Tapi, kita juga harus tahu bahwa tanpa kemasaran yang menarik orang tidak akan menoleh dan tertarik untuk membeli dan mencoba makanan yang kita pasarkan.

Oleh karenanya, kita juga harus membuat kemasan yang menaril

Saat ini ada banyak sekali jasa desain kemasana yang menawarkan layanan mereka dengan harga yang relatif murah. Kadang tidak lebih dari 500ribu.

Jadi, mulailah untuk berfikir membuat kemasaran produk makanan anda.  Agar orang yang anda target tertarik untuk membeli dan mencobanya.

Jangan pelit untuk menganggarkan anggaran untuk membuat kemasan profesional.

4. Tetapkan harga yang tepat

Dalam pemasaran, strategi pricing menjadi faktor yang menentukan.

Oleh karenanya anda harus memikirkannya dengan baik. Agar tidak salah menetapkan harga sehingga membuat calon buyer lari terbirit-birit ketika melihat harga makanan anda.

Jangan terlalu tinggi, tapi juga jangan terlalu rendah.

Pahami siapa market anda. Orang-orang kelas atas biasanya alergi dengan harga makanan yang murah. Karena persepsi mereka sudah terbentuk bahwa ini makanan murahan.

Begitu juga jika market anda kelas bawah, jangan kemahalan.

5. Proses perizinan

Tahapan yang tidak kalah penting saat anda ingin memasarkan produk makanan secara online adalah terkait dengan izin edar dan produksi makanan tersebut.

Ini dilakukan untuk membangun trust pembeli.

Karena ketika makanan yang anda jual memiliki izin dari BPOM misalnya, maka calon pembeli tidak akan khawatir sesuatu yang buruk saat membeli makanan anda.

Untuk proses izin ini, anda tidak harus lakukan sendiri.

Saat ini ada banyak sekali jasa pengurusan izin usaha, terutama usaha makanan. Harga jasa pengurusan izin usaha ini juga relatif murah.

Jadi, cobalah untuk mengurus izinnya dari sekarang.

6. Mulai pasarkan

Setelah anda melakukan tahapan sebelumnya. Sekarang kita masuk pada tahapan yang paling krusial. Yakni memasarkan produk makanan.

Sebenarnya ada banyak cara memasarkan produk makanan.

Baik dengan menitipkan melalui swalayan, bikin gerai sendiri dan lain sebagainya. Tapi, ini adalah cara lama yang kadang tidak terlalu efektif.

Pada kesempatan ini, kami menyarankan anda untuk melakukan pemasaran menggunakan media internet. Optimalkan media ini dengan baik.

Mulai dengan menyewa micro influencer hingga membuat website dan memasarkan sendiri melalui Google, Facebook dan Instagram.

Khusus untuk pemasaran melalui Google adalah teknik dan strategi pemasaran jangka panjang. Seiring bisnis makanan anda dikenal masyarakat, mereka akan mencarinya melalui Google search.

Dan akan sangat disayangkan jika website anda tidak ditemukan.

7. Optimalkan channel pemasaran

Setelah mencoba teknik pemasaran online, tentu saja anda akhirnya tahu mana teknik yang benar-benar efektif untuk dijalankan.

Setelah mengetahuinya, maka kita harus optimalkan.

Misalnya, penjualan makanan meningkat dengan menyewa jasa micro influencer. Maka, kita harus optimalkan cara ini dengan baik.

Agar penjualan makanan kita makin masif.

Atau jika teknik pemasaran via Google lebih bagus, karena bisnis makanan anda adalah B2B. Maka kita harus manfaatkan google melalui website dan SEM.

Begitu seterusnya. Optimalkan channel pemasaran.

8. Rekrut Reseller

Cara yang cukup bagus juga untuk meningkatkan penjualan dan salah satu cara memasarkan produk makanan yang ditekuni banyak orang adalah rekrut reseller.

Anda bisa merekrut reseller secara rutin untuk seluruh daerah.

Dan umumnya, mereka akan beli dalam jumlah tertentu. Sehingga produk anda sudah lakuk sejak awal. Bayangkan jika anda 100-1000 reseller.

Jika masing-masing reseller beli 10, setidaknya bisa laku 1000 pcs 1 x transaksi.

Jadi, jangan remehkan teknik pemasaran online menggunakan reseller ini. Karena sudah banyak yang membuktikan keajaiban reseller ini.

Kesimpulan

Akhirnya kita tahu bahwa ada banyak cara memasarkan produk makanan yang berpeluang memberikan hasil yang sangat memuaskan.

Beberapa teknik sudah terbukti.

Nah, sekarang giliran anda untuk membuktikan bahwa cara memasarkan produk makanan ini benar-benar terbukti sangat efektif.

Selamat mencoba.

Tulisan terkait

TOP