Home » Blog Elite » SEO Hack » Tips dan Trik SEO Website Dealer Mobil dan Motor dengan mudah

Tips dan Trik SEO Website Dealer Mobil dan Motor dengan mudah

Jika anda seorang sales atau pemilik Dealer Mobil dan Motor, sangat disarankan untuk membaca, memahami dan mempraktekan beberapa trik SEO Dealer mobil dibawah ini.

seo website dealer

Sukses dengan bisnis penulis artikel

Beberapa tahun terakhir ini, mendapatkan pembeli baru merupakan tantangan tersendiri bagi dealer. Walaupun sudah banyak Sales mobil yang membantu.

Tentu hal ini disebabkan oleh banyak hal.

Mulai dari kondisi keuangan masyarakat, persaingan serta perilaku masyarakat yang terus berubah seiring kehadiran internet dan smartphone.

Jika ingin bertahan bahkan leading, tentu saja anda harus melakukan sesuatu yang berbeda dan signifikan untuk memberikan impact yang besar pada penjualan.

Dan salah satu strategi pemasaran yang harus anda lakukan adalah Digital Marketing berbasiskan mesin pencari, kenapa? Nanti akan kita bahas lebih detail.

01. Perilaku calon pembeli

Untuk melakukan SEO website Dealer, kita mulai dari perilaku

Jika dulu saat ingin membeli mobil calon pembeli datang langsung ke dealer unutk melihat mobil, tanya harga dan spesifikasi, tapi tidak untuk saat ini.

Saat ini mereka bisa mendapatkan semua informasi melalui jari jemari.

Cukup buka smartphone, lalu ketika kata kunci tertentu di Google dan mereka langsung mendapatkan informasi yang di inginkan tanpa kemana-mana.

Bahkan, dengan sangat mudah mereka bisa membandingkan antara mobil merek A dan merek B serta memutuskan untuk memilih salah satunya.

Ini artinya, jika anda tidak ditemukan saat mereka berkunjung ke Google, maka anda tidak akan pernah mendapatkan pembeli potensial.

Calon pembeli anda akan pindah ke merek sebelah.

Jika tidak ditangai segera, anda tidak hanya akan kehilangan 1,2,3 calon pembeli. Tapi ribuan calon pembeli akan pindah ke merek sebelah.

Sekali lagi, ini sangat disayangkan.

Kami harap, sampai disini anda paham. Saat ini anda tidak punya pilihan selain hadir secara online. Terutama pada hasil pencarian Google.

02. Apa yang harus dilakukan

Kami sudah jawab, anda harus melakukan pemasaran online berbasiskan search engine. Singkatnya, anda harus hadir saat mereka mencari di Google.

Ya, sesederhana itu. Cukup melakukan SEO Google.

Karena produk anda adalah produk yang berbasiskan kebutuhan, dimana orang akan mencarinya saat dibutuhkan, maka Google adalah tempat yang tepat untuk melakukan promosi.

Tidak ada atau sangat sedikit yang mencari informasi mengenai mobil melalui twitter, facebook dan instagram. Umumnya cari melalui Google.

Maksud kami, pasar anda ada di Google.

Bagaimana cara melakukn SEO Dealer Mobil

Oke, sekarang kita sepakat bahwa anda harus hadir secara online.

Langkah berikutnya, bagaimana cara melakukannya. Sehingga tujuan anda untuk mendapatkan pembeli dan customer dari Google bisa dicapai.

Baik, mari kita bahas satu persatu.

03. Riset Keyword

Riset keyword ini pada dasarnya sama dengan riset pasar, tapi versi online.

Melalui riset keyword kita mencoba mencari tahu apa kata-kata atau frasa yang diketikan user/pencari informasi saat googling.

Jika sudah menemukannya, maka kita bisa melakukan optimasi untuk keyword tersebut. Dimana website kita muncul dihalaman 1 Google saat mereka mengetikan kata kunci tersebut.

Dalam melakukan riset keyword, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja tipe keyword yang sering digunakan oleh pencari informasi.

Ini juga akan membantu kita untuk mengelompokan keyword berdasarkan journeynya. Sehingga kita bisa menyediakan konten yang sesuai pula.

Misalnya, keyword harga akan berbeda kontennya dengan keyword spesifikasi.

Menyediakan konten yang sesuai, kita menyebutnya dengan user intent akan membantu meningkatkan konversi atau mengantarkan user ke tahapan berikutnya.

Pencari informasi yang sebelumnya belum minat untuk membeli, ketika melihat konten yang sesuai maka akan mendorong mereka untuk melakukan pembelian.

Misalnya, ketika user mencari informasi dengan keyword “Kelemahan Mobil Merek A”, maka sediakanlah konten yang menyajikan perbandingan antara merek A dan B.

Dan upayakan merek B lebih banyak ulasan kurangnya.

Walaupun akhirnya user mengetahui kelemahan mobil merek A, tapi mereka akan tetap memilih mobil merek A karena mobil merek B memiliki kekurangan yang lebih banyak.

Jika anda mengetahui intent keyword seperti ini, maka orang yang semula skeptis dengan merek mobil anda, akhirnya akan memutuskan untuk membelinya dan menjadi konsumen loyal.

Sekarang pertanyaannya, bagaimana cara melakukan riset keyword dengan benar?

Kebetulan kami sudah membuat kontennya khusus untuk anda. Silahkan baca dan pahami bagaimana cara melakukan riset keyword disini.

04. Content Planning

Banyak website owner yang akhirnya gagal dan tidak mendapatkan manfaat yang signifikan dari pemasaran online berbasiskan search engine karena melewatkan tahapan ini.

Content Planning adalah step yang sangat krusial.

Tidak banyak praktisi SEO yang mengjarkan bagaimana cara melakukan conten planning. Padahal, ini memiliki peran yang cukup signifikan.

Tahapan ini merupakan lanjutan dari tahapan sebelumnya, riset keyword.

Setelah anda mengumpulkan keyword-keyword dan kemudian mengelompokannya (clustering keyword), langkah berikutnya adalah content planning.

Ini berkaitan dengan format konten, kelompok konten serta produksinya.

Untuk format konten setidaknya ada beberapa tipe yang biasa digunakan untuk meningkatkan interaksi pembaca di halaman website anda.

Seperti konten perbandingan, daftar serta studi kasus.

Mungkin kami akan membahas bagian ini secara mendalam pada bagian yang lain. Tapi, intinya tahapan ini sangat penting untuk anda tuntaskan sebelum masuk tahapan berikutnya.

05. Bikin website mobile Friendly

Langkah pertama adalah membuat website.

Pastikan juga website yang anda buat sudah mobile friendly, sehingga akan meningkatkan pengalaman pengguna yang pada gilirannya meningkatkan ranking di google.

Untuk biaya pembuatan website sebenarnya relatif murah, sangat terjangkau.

Anda hanya butuh antara 2.5 juta hingga 10 jutaan saja untuk membuat dengan fitur yang sudah sangat lengkap untuk mendapatkan pembeli baru dari Google.

Sebelum memulai bikin website, sebaiknya anda buat perencanaannya dulu.

Karena, banyak dealer mobil yang gagal membuat website sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan untuk melakukan pemasaran online karena tidak adanya konsep yang matang.

Jadi, buat dulu plannya.

06. Optimasi website menggunakan SEO

Setelah tahapan 1, 2 dan 3 selesai.

Anda bisa masuk pada tahapan berikutnya, yakni optimasi website menggunakan SEO (Search Engine Optimization). Dilakukan sendiri atau menggunakan Jasa Agency SEO.

Tujuannya, agar website anda tampil dihalaman 1 Google saat user mengetikan kata kunci untuk mencari produk maupun jasa yang ditawarkan.

Untuk anda yang ingin melakukan SEO sendiri, bisa mengikuti beberapa hal berikut. Pastikan anda mengikutinya dengan benar.

Membuat Konten sesuai intent keyword

Sebenarnya, tahapan ini sudah anda lakukan saat content planning.

Cuma, anda harus pasitkan bahwa konten yang diprodusi harus benar-benar sesuai dengan intent keywordnya. Sehinggga bisa memenuhi keinginan user.

Saat keinginan user terpenuhi, biasanya Time on site akan tinggi (user akan bertahan lebih lama di website kita) dan ini sinyal baik untuk  SEO website kita.

Jadi, buatlah konten sesuai dengan intent.

Optimsi Onpage

Saat menerbitkan konten anda di website, jangan lupa untuk mengoptimasi onpage juga. Mulai dari Heading, gambar serta kecepatan halaman website.

Untuk judul gunakan heading 1 (H1), kemudian barulah H2,H3 dan seterusnya.

Idealnya, setiap konten terdapat 1 gambar yang memiliki alt tag sesuai dengan kata kunci yang ditarget. Untuk ukuran juga jangan terlalu besar, sesuaikan dengan kebutuhan.

Optimasi onpage yang lain adalah internal link dan speed halaman.

Anda bisa gunakan alat pengukur kecepatan halaman website untuk mengetahui seberapa cepat halaman anda dibuka.

Bisa menggunakan GTMetrix ataupun Google PageSpeed Insight.

Untuk mengetahui lebih banyak terkait SEO, termasuk SEO Onpage anda bisa mendalaminya melalui halaman belajar SEO yang sudah kami sediakan.

Optimasi SEO Off-Page (Link Building)

Link Building juga menjadi tahapan yang sangat penting dilakukan.

Hingga hari ini backlink masih menjadi faktor ranking website yang sangat menentukan. Dengan  backlink website bisa masuk halaman 1 Google lebih cepat.

Bahkan, bisa bertahan lebih lama di halaman satu Google.

Anda hanya perlu melakukan link building dengan benar. Tidak serampangan dalam membuat backlink yang mengarah ke website kita.

Pastikan selalu menggunakan backlink yang berkualitas saja.

Seperti backlink dari website authority, relevan dan kontekstual. Bukan backlink komentar dengan Outbound Link ribuan.

Jika anda menggunakan backlink komentar dengan outbound link ribuan, peluang website anda naik akan semakin kecil bahkan justru dipinalti.

Kami menyarankan untuk menggunakan backlink berkualitas seperti Guest Post, Content Placement dan Backlink PBN yang dikelola dengan baik.

Untuk backlink PBN berkuaitas, lihat disini.

Setidaknya itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan dalam melakukan SEO website Dealer. Jika anda melakukannya dengan benar, maka peluang anda mendapatkan pembeli secara konsisten dari Google akan semakin besar.

Trik SEO Tambahan dari Azhima SEO

Saat memilih keyword, utamakan keyword berbasis lokasi. SEsuai dengan lokasi dealer anda. Walaupun anda bisa saja menargetkan lokasi lain.

Dengan menargetkan keyword berbasis lokasi ini, peluang anda masuk halaman 1 Google akan semakin besar, tentu selain konversinya juga akan semakin tinggi.

Kami berharap tulisan singkat kami terkait bagaimana cara SEO website Dealer ini bisa membantu.

Jika anda tidak yakin melakukan SEO website Dealer sendiri, kami dari Agency SEO Azhima siap membantu anda. Silahkan anda pelajari layanan kami disini, SEO Bergaransi dan Jasa Backlink PBN Berkuaitas.

Semoga sukses.

Tulisan terkait

TOP