10+ Cara agar blog muncul di Google paling
atas dengan mudah

Ramai pembeli dari Google

Untuk anda yang ingin mendapatkan pembeli dari Google tanpa harus mengeluarkan uang sepersenpun, mungkin cara kami dibawah ini perlu anda coba.

cara agar blog muncul di google paling atas

Cara masuk halaman 1 Google dengan mudah

Optimasi website biar muncul di halaman pertama Google itu wajib banget. Soalnya 75% orang yang Googling ternyata cuma klik website di halaman pertama, halaman kedua ketiga dan seterusnya mungkin nggak terjamah.

Apa lagi website kita adalah website bisnis.

Kalau misalnya website kita tidak ada di halaman pertama bisa-bisa calon pelanggan kita lari ke kompetitor makanya penting banget bikin website agar muncul di halaman pertama Google.

Nah kira-kira gimana caranya.

Ditulisan kali ini kita akan jelaskan pada anda bagaimana cara agar blog muncul di Google paling atas tanpa harus bayar iklan sama sekali.

Cara yang bisa kita lakukan untuk membuatnya muncul dan tampil di Google adalah dengan melakukan SEO (Search Engine Optimization).

 Nah, untuk anda yang belum tahu caranya, mari kita bahas sama-sama.

01. Cek kecepatan website

Kecepatan website adalah salah satu faktor penentu ranking.

Ini Google sendiri yang mengatakannya. Makanya kalau ingin website masuk halaman 1 Google, maka pastikan loading websitenya super cepat.

Ada banyak cara untuk meningkatkan kecepatan website.

Diantaranya menggunakan server hosting yang handal, menggunakan file yang tidak memperlambat loading website serta kompress gambar sesuai ukuran yang dibutuhkan.

Sebenarnya masih banyak trik bagaimana cara mempercepat website. Mungkin di lain kesempatan lain kita akan membahasnya untuk anda.

Tapi, ini adalah cara pertama yang harus anda praktekan. Sebelum mencari cara agar blog muncul di google paling atas yang lainnya.

02. Website Mobile Friendly

Satu hal yang perlu anda ketahui, bahwa lebih dari 51% trafik website beberapa tahun terakhir ini berasal dari ponsel.

Ini artinya website kita harus siap dikunjungi oleh mereka yang menggunakan ponsel.

Anda tidak perlu khawatir, jika anda menggunakan WordPress website yang mobile friendly ini bisa didapatkan dengan mudah, karena ada banyak tema wordpress yang mobile friendly.

Dilain kesempatan kita akan bahas daftar tema wordpress yang user friendly.

Dengan desain yang mobile friendly impian anda agar blog muncul di Google paling atas akan bisa diwujudukan dengan sangat mudah.

03. Buat sitemap

Cara agar blog muncul di Google paling atas berikutnya adalah dengan menggunakan sitemap di website anda. Ini penting sekali.

Sitemap adalah file yang berisi daftar semua halaman di website.

Selain itu, sitemap juga berisi informasi tentang halaman website seperti konten apa yang terdapat didalam halaman website kita.

Ada 2 jenis sitemap, yaitu sitemap tipe html yang diperuntukan untuk pengunjung website seperti kita, sedangkan xml disediakan untuk mesin pencari seperti Google.

Sitemap XML wajib banget kita miliki. Soalnya akan membantu Google dalam melakukan crawling website kami dengan mudah sehingga halaman website bisa terindex dan muncul di halaman atas pencarian Google.

Mungkin kami masih asing banget sama sitemap html dan xml, tapi cara bikinnya tidak sulit, apalagi jika anda adalah pengguna WordPress.

Anda bisa membuat sitemap ini dengan menggunakan plugin SEO, salah satunya adalah Yoast SEO. Anda bisa baca tentang plugin ini dihalaman yang lain.

04. Pasang SSL Website

Ternyata ssl website ini tidak hanya digunakan untuk meningkatkan keamanan website, tapi Google sudah menjadikan sebagai faktor ranking website di Google.

Ini sudah diberlakukan sejak tahun 2014 lalu.

Soalnya, Google ingin memasitkan bahwa penggunanya aman saat melakukan browsing dihalaman website siapapun, termasuk website anda.

Jadi, penting banget untuk pasang ssl website dihalaman website kami.

Untungnya ssl website bisa didapatkan secara gratis jika kamu beli hosting. Baik di lokal maupun luar, seperti Hawkhost dan Godaddy.

05. Riset Keyword

Jika dengan 4 cara sebelumnya belum bisa membuat website kami muncul di Google paling atas, mungkin saja konten atau website kami tidak memiliki keyword yang tepat.

Nah, makanya kamu perlu melakukan riset keyword terlebih dahulu.

Saat melakukan riset keyword, pastikan anda memilih yang volume pencariannya tinggi. Volume pencarian ini sama dengan jumlah orang yang mencari pakai kata kunci itu.

Selain itu anda juga harus memperhatikan tingkat kesulitan dari kata kunci tersebut. Biasanya jika volume pencariannya besar, tingkat kesulitannya juga lebih tinggi.

Karena pasti banyak orang lain yang menargetkan keyword itu.

Makanya, banyak yang sarankan agar kita memilih keyword yang volume pencariannya tidak terlalu tinggi tapi masih relevan dengan bisnis kita.

Menurut survei, 70% traffic didapatkan dari keyword tipe ini.

Terakhir, perhatikan juga hasil pencarian Google (SERP) yaitu website yang tampil dihalaman 1 Google saat keyword tersebut diketikan.

Perhatikan konten yang mereka buat, pastikan kita membuat konten yang lebih bagus dan lebih lengkap sehingga google dan user lebih menyukainya

Sebenarnya ini adalah cara agar blog muncul di Google paling atas yang sangat krusial. Jika anda mengabaikannya, peluang untuk tampil di Google makin kecil.

06. Search Intent

Anda harus membuat konten atau artikel yang sesuai dengan search intent.

Setelah kita melakukan riset keyword, selanjutkan kita mulai membuat konten untuk diterbitkan di website. Agar blog muncul di Google paling atas, maka kita harus membuat konten yang lengkap dan menjawab dari pertanyaan pengunjung.

Coba posisikan diri kita sebagai orang yang sedang mencari informasi.

Pasti kita ingin menemukan jawaban dari pertanyaan yang kita ketikan di kotak pencarian Google. Semakin lengkap dan detail  biasanya kita makin suka.

Jadi, begitulah seharusnya kita membuat konten untuk website.

Jika anda ingin tahu seperti tipe search intent dari keyword tersebut, coba perhatikan website yang berhasil masuk halaman 1 Google.

07. Optimasi Konten

Nah, masih ada lagi cara yang harus kamu lakukan agar website bisa tampil dihalaman pertama Google, yakni optimasi konten website.

Anda harus menyertakan keyword yang ditarget dibagian-bagian yang disarankan.

Seperti judul website, url website, meta deskripsi dan di dalam konten itu sendiri. Biasanya disarankan dipasang di 100 kata pertama dan 100 kata terakhir.

Coba anda explore lebih jauh untuk hasil yang lebih bagus.

08. Hindari Keyword Stuffing

Anda tidak perlu menyertakan keyword secara berlebihan dikonten. Karena ini akan memberikan sinyal negatif pada Google bahwa website kita adalah spam.

Jika ini terjadi, maka ranking website akan turun.

Agar tidak memasukan keyword yang sama secara berlebihan, kami menyarankan untuk menggunakan LSI (Latent Semantic Indexing), frasa kata yang masih berhubungan dengan keyword.

Biasanya saat riset kata kunci kita bakalan banyak menemukan LSI ini

09. Gunakan Internal Link

Internal Link adalah link yang menghubungkan 2 halaman dalam website yang sama.

Tapi ingat, anda tidak bisa membat internal link secara sembarangan. Pastikan internal link yang anda buat memang memiliki kesamaan topik dan kategori. Agar nyambung linknya.

Misalnya, kita bahas tentang “cara agar blog bisa muncul di Google paling atas”, maka halaman website seperti ini bisa di internal link ke halaman riset keyword dan halaman yang membahas tentang tema wordpress yang mobile friendly.

Owh ya, internal linknya harus menggunakan anchor tex. Kita tidak bisa memasang link telanjang (nake url) secara langsung.

10. Lakukan Link Building

Backlink adalah link website yang berasal dari halaman website yang berbeda. Berguna untuk meningkatkan ranking website di Google.

Apalagi jika website yang link ke website kami memiliki otoritas yang tinggi.

Biasanya untuk mendapatkan backlink seperti ini kita harus kerjasama dengan pemilik website/blog agar mereka mau pasang backlink yang mengarah ke website kita.

Cuma biasanya mereka minta bayaran.

Saat anda membangun kerjasama dengan blogger lain, pastikan anda melakukan beberapa penting dan krusial dibawah ini.

Perhatikan domain authority dan page auhtority website mereka, gunakan anchor text yang tepat, pastikan halaman website mereka relevan dengan website anda dan yang terakhir usahakan halaman website yang sudah punya trafik.

Tapi, jika tidak ingin repot bisa gunakan Jasa Backlink PBN kami.

11. Perbaiki Broken Link

Broken link ini adalah technical SEO yang memiliki pengaruh cukup signifikan pada perubahan peringkat website anda.

Jika website anda banyak broken linknya, maka kemungkinan besar akan turun dari halaman 1 Google. Makanya kita harus selalu mengeceknya secara rutin.

Owh ya, broken link adalah link rusak yang ketika dikunjungi halaman yang kita tuju sudah tidak tersedia. Baik dihalaman website kita sendiri maupun website orang lain.

Nah itulah 11 cara agar blog muncul di Google paling atas.

Jika anda kesulitan melakukannya sendiri coba pertimbangkan untuk menggunakan Layanan Optimasi website yang banyak ditawarkan oleh Agency SEO Indonesia.

Sementara untuk backlink (inbound link), anda bisa menggunakan Jasa Backlink PBN untuk mendapatkan backlink berkualitas sesuai dengan kriteria datas.

Akhirnya, impiajn anda agar blog muncul di Google paling atas bisa di wujudkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TOP