7 Strategi pemasaran online usaha rumahan agar tumbuh jadi Bisnis Milyaran

strategi pemasaran online

Strategi pemasaran online untuk usaha kecil

Kita memasuki sebuah era dimana Internet menjadi kebutuhan banyak orang. Terutama mereka yang berdomisili di daerah Perkotaan.

Sesaat saja internet mereka trouble, seolah-olah mereka kehilangan sesuatu yang sangat penting. Bahkan, mereka juga sudah menyediakan anggaran untuk akses internet.

Perilaku masyarakat yang terus berubah ini bukan saja karena semakain murahnya Internet. Tetapi juga karena perkembangan teknologi Smartphone yang makin pesat.

Nah, sebagai pemilik usaha tentu anda tidak boleh mengabaikan fenomena ini. Anda harus memiliki strategi pemasaran online untuk bisa memenangkan persaingan.

Jangan sampai anda melewatkan peluang yang sangat besar untuk membuat usaha rumahan anda naik kelas menjadi usaha multinasional.

Lalu apa saja strategi usaha rumahan untuk bisa naik kelas dengan mengandalkan pemasaran online ? Mari kita bahas Bersama-sama.

Memiliki Value yang khas

Tak dipungkiri, dengan kehadiran internet. Persaingan semakin terbuka. Usaha kecil head to head dengan usaha besar yang memiliki anggaran tak terbatas.

Jika anda melakukan pemasaran dengan cara yang biasa. Yang barang tentu anda akan kalah oleh pemilik modal yang berlapis-lapis.

Disinilah pentingnya keunikan/kekhasan.

Value yang khas bukan saja dari sisi produk. Tetapi dari sisi yang lain. Tergantung model bisnis yang anda tekuni saat ini.

Intinya, anda harus bisa keluar dari persaingan yang super ketat. Jika sebagian orang menawarkan warna hitam, cobalah menawarkan warna kuning.

Jika sebagian besar bisnis menawarkan kecepatan, anda tidak perlu latah mengikuti menawarkan kecepatan, anda pasti kalah.

Tapi, cobalah menawarkan hal yang berbeda. Namun, bernilai disisi konsumen.

Intinya, untuk bisa bertahan dan bersaing. Anda harus memliki value yang unik dan berbeda dengan orang lain. Berbeda dengan competitor.

Mengenal Pasar

Stategi pemasaran online yang kedua adalah mengenali pasar.

Kita tahu, tahun 2016 lalu pengguna Internet Indonesia sudah mencapai 56 juta orang. Itu setara dengan 20% masyarakat Indonesia.

Ini adalah pangsa pasar yang sangat besar.

Tapi ingat, 56 juta itu bukan pasar anda semuanya. Karena, diantara mereka ada yang tua dan muda. Pria dan Wanita. Pegawai dan Wiraswasta.

Yang perlu anda lakukan memetakan pangsa pasar dari produk anda. Dari angka 56 juta tersebut, berapa yang menjadi target market anda.

Setelah anda mengetahui angkanya. Pelajari perilaku mereka.

Apa yang mereka butuhkan, apa problem mereka. Apa keluhan mereka. Serta apakah mereka memiliki kemampun untuk membeli produk anda atau tidak.

Mengenali pasar dengan baik merupakan langkah penting dan krusial.

Jika anda gagal mengenali pasar, maka sebenarnya akan gagal dalam memasarkan produk maupun jasa. Karena, bisa saja anda menawarkan produk yang salah.

Kalaupun produk anda benar, bisa juga anda menawarkan dengan cara yang salah.

Jadi, kenalilah pasar anda dengan baik. Kemudian, rasakan betapa besar dampaknya pada pertumbuhan dan perkembangan bisnis anda.

Beradaptasi dengan cepat

Sekarang eranya teknologi. Internet dan Smartphone.

Sebagai pemilik usaha, anda harus bisa beradaptasi dengan cepat. Jangan tunggu nanti, kapan-kapan atau seribu alasan lainnya.

Kami masih ingat, sekitar tahun 2012 kami keliling menawarkan pembuatan website pada banyak usaha yang potensial dipasarkan di Internet.

Alhamudulillah, sebagian besar mereka menolak.

Alasannya berbagai macam. Ada yang bilang tidak butuh pemasaran online. Bisnis mereka tetap jalan dan menguntungkan tanpa pemasaran online.

Sebagian yang lain juga menolak karena menganggap biaya pemasaran terlalu mahal. Uang sekitar 2.5 – 5 juta itu mereka anggap sangat besar.

Berselang 2 tahun setelah itu, tepatnya tahun 2014. Belanja Online semaki booming. Dipicu oleh kehadiran Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan marketplace lainnya.

Belanja onlinte juga semakin booming karena Google, Instagram dan Facebook.

Bayangkan jika dulunya tidak menolak. Mungkin merekalah yang akan lebih duluan menikmati ledakan pembeli online ini.

Tapi sayang sekali. Mereka menolak untuk beradaptasi.

Mereka gagal dan tidak prepare dengan peluang yang akan datang. Karena, mereka terlena dengan keuntungan dan profit yang tidak seberapa.

Jadi, beradaptasilah dengan cepat jika ingin tumbuh dan bertahan.

Gunakan strategi yang tepat

Beda bisnis beda pula strateginya. Bahkan, beda masa juga akan mengakibatkan perbedaan strategi yang benar-benar work it.

Oleh karenanya, anda tidak boleh serampangan dalam memilih strategi.

Strategi bisnis ini harus berangkat dari pasar anda. Seperti apa behavior pasar anda. Selanjutnya, mulailah menyusun strateginya.

Dalam pemasaran online ada banyak sekali channel pemasaran yang bisa anda gunakan. Baik itu gratisan maupun berbayar.

Untuk channel gratisan seperti Optimasi SEO Google, Facebook dan Instagram Organik.

Sedangkan untuk channel berbayar, bisa menggunakan Goodle Ads, Facebook Ads, Instagram Ads serta Youtube Ads. Dan masing-masingnya memiliki karakteristik masing-masing.

Jika bisnis anda berbasis kebutuhan. Cobalah untuk menggunakan Google. Gratisan maupun Google Ads berbayar (Dulu disebut dengan Google Adword).

Namun, jika produk anda fashion. Kami sarankan menggunakan Instagram.

Bahkan, untuk produk edukasi. Anda harus menggunakan Youtube Marketing. Sehingga sesuai dengan target market yang anda sasar.

Jika anda salah memilih channel pemasaran. Maka peluang berhasil anda semakin kecil.

Bentuk Sistem

etelah menjalani bisnis, tentu anda semakin tahu. Mana strategi yang berjalan dengan baik. Dan mana pula yang tidak berjalan dengan baik.

Jika anda sudah sampai pada tahapan ini, membuat system adalah pilihan yang tepat.

Dengan system, bisnis anda bisa berjalan dengan efektif. Walaupun anda sendiri sebagai pemilik tidak aktif mengelola usaha.

Dan ini, banyak dipraktekan oleh pemilik usaha yang memiliki cabang dibanyak tempat.

Dengan system, mereka bisa menduplikasi usaha mereka menjadi tak terbatas pada lokasi yang berbeda. Tapi, usaha mereka tetap jalan sesuai dengan yang diinginkan.

Duplikasi Usaha

Setelah segala sesuatunya sudah berjalan dengan baik. Termasuk tercapainya target profit. Maka, langkah penting berikutnya adalah Duplikasi.

Idealnya, duplikasi usaha sama dengan duplikasi profit.

Walaupun, pada banyak kasus memang tidak linear seperti itu. Duplikasi bisnis belum tentu duplikasi profit, bisa jadi duplikasi masalah.

Oleh karenanya, sebelum anda masuk pada tahapan ini. Harus dipastikan segalah sesuatunya berjalan sesuai dengan yang anda inginkan.

Pastikan juga sistemnya sudah terbentuk.

Jika bisnis yang akan anda duplikasi benar-benar siap untuk masuk pada tahapan ini. Barulah anda berfikir untuk menduplikasinya.

Pada tahapan ini anda harus benar-benar bisa memperkirakan resiko, termasuk mengelolanya dengan baik agar tidak membahayakan usaha anda secara umum.

Repeat

Strategi pemasaran online yang terakhir adalah mengulanginya.

Jika anda sudah berhasil menghasilkan profit, membentu system yang mapan. Termasuk melakukan duplikasi terhadap bisnis-bisnis yang sukses. Selanjutnya adalah Repeat.

Anda tinggal ulangi proses tersebut untuk model bisnis yang lain.

Perlu anda ketahui, rata-rata cara kerja pengusaha sukses adalah seperti yang kami sebutkan diatas. Sehingga, semakin lama mereka semakin sukses.

Bisnis mereka menggurita dimana-mana. Untuk model bisnis yang berbeda-beda.

Yang paling penting, dengan pertumbuhan dan perkembangan bisnis seperti ini. Manfaatnya semakin dirasakan oleh banyak orang.

Karena, akan menyerap banyak sekali tenaga kerja.

Kami berharap, dengan mengetahui strategi pemasaran online untuk usaha rumahan ini. Usaha anda semakin tumbuh dan berkembang.

Makin banyak yang mengenal dan merasakan manfaatnya.

Untuk anda yang membutuhkan Konsultan Pemasaran Online, terutama menggunakan SEO, kami dari SEO Elite Jakarta siap membantu anda. Silahkan hubungi Tim SEO kami.

TOP