Teknik dan Strategi Link Building dan cara memilah kualitas sumber backlink website untuk meningkatkan ranking website di Google
Teknik dan Strategi Link Building tahun 2022 untuk meningkatkan ranking website di Google
Keberhasilan Optimasi SEO website dipengaruhi oleh banyak hal.
Tidak ada faktor yang benar-benar menentukan peringkat website kita di Google. Semua faktor saling mendukung untuk mencapai halaman pertama Google.
Salah satu faktor ranking website yang harus diperhatikan adalah backlink.
Hanya saja, teknik dan strategi link building yang kita lakukan juga berpengaruh pada kualitas backlink yang akan kita dapatkan.
Oleh karenanya, perlu bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas yang berdampak pada peringkat website.
Nah, dibawah ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kita melakukan link building. Silahkan dibaca dan dipraktekan.
Relevansi , Lokasi, Kualitas Konten
Bagian pertama yang mempengaruhi kualitas backlink yang kita dapatkan adalah relevansi topik dimana kita memasang backlink serta placement linknya.
Backlink yang dipasang di dalam konten, sidebar, footer, komentar blog maupun menu utama akan memiliki nilai yang berbeda satu sama lainnya.
Bahkan, backlink yang dipasang pada 3 paragraf atas akan berbeda jika dipasang dibagian akhir postingan anda.
Oleh kaernanya, kita perlu memperhatikan ini dengan baik.
Jika kita merujuk pada relevansi, maka lokasi yang paling berharga untuk memasang backlink adalah di dalam konten yang di terbitkan.
Usahakan kita mendapatkan backlink dari bagian ini.
Ini bukan berarti mendapatkan backlink dari lokasi lain adalah cara yang buruk, tidak. Anda tetap bisa mendapatkan backlink dari lokasi lain.
Hanya saja, backlink dari dalam konten jauh lebih berharga.
Kepercayaan Domain
Tingkat kepercayaan domain mungkin bisa juga kita sebut dengan otoritas domain.
Tapi, ini bukan otoritas yang dikeluarkan oleh pihak ketiga seperti Moz, Ahrefs dan tool SEO modern lainnya. Ini memang istilah yang sama, tapi maksudnya berbeda.
Beberapa indikasi bahwa sebuah domain memiliki otoritas atau kepercayaan dibandingkan dengan domain lain akan terlihat dengan indikasi berikut:
— Usia Domain
Domain yang memiliki usia yang lebih tua akan memiliki tingkat kepercayaan yang lebih baik dibandingkan dengan domain yang baru saja di daftarkan.
Berkali-kali kami membuktikan domain yang lebih tua akan jauh lebih mudah proses optimasinya, selama tidak ada history domain yang buruk dimata Google.
— Brand terkenal
Jika brand usaha dan bisnis anda dikenal secara off-line, biasanya calon pengguna jasa maupun pembeli produk akan mencari layanan anda dengan megnetikan nama brand.
Nah, hal ini akan memberikan sinyal kepercayaan pada domain anda.
— Kutipan
Jika suatu waktu website anda di kutip oleh website lain, dan disisi lain mereka juga mengutip website lain yang lebih otoritas, maka hal ini akan berpengaruh pada otoritas web anda.
Ini seolah-olah mensejajarkan anda dengan mereka.
Itulah mengapa ada baiknya kita memasang backlink ke website kita bersamaan dengan backlink ke website lain yang lebih otoritas di topic yang sama.
— Backlink Edu
Banyak pakar SEO yang menyakini bahwa website yang mendapatkan link dari website edu akan memiliki tingkat kepercayaan yang lebih baik di bandingkan dengan yang lain.
Itulah mengapa banyak orang yang menawarkan backlink Edu di Google.
Gunakan Anchor Text Alami
Sebenarnya distribusi anchor text dianggap cukup penting sejak beberapa tahun lalu. Tepatnya sejak 10+ tahun lalu. Ia menjadi sesuatu yang penting dalam strategi link building.
Ini diperkuat dengan hadirnya algoritma Google penguin.
Dimana algoritma akan menghukum website yang menggunakan anchor text yang cenderung seragam. Atau yang lazim kita kenal dengan sebuatan over-optimasi.
Oleh karenanya, mulai sekarang cobalah untuk membuat backlink dengan anchor text yang bervariasi. Tidak perlu terobsesi dengan anchor text yang menggnakan keyword utama.
Ada banyak sekali jenis anchor text yang bisa digunakan.
Seperti brand anchor, partial match anchor, LSI Acnhor dan lain sebagainya.
Bahkan banyak website gagal masuk halaman pertama Google karena tidak mengikuti kaidah ini secara konsisten, akhirnya peringkat website stagnan di halaman 5 keatas.
Untuk anda yang ingin belajar bagaimana distribusi anchor text, kami sudah pernah menulisnya langsung di salah satu blog Salman.
Buat Tautan NoFollow.
Lagi-lagi ini masalah differensiasi.
Kita harus memastikan setiap backlink yang dibuat akan menghasilkan profile backlink yang bervariasi, termasuk dalam hal atribut dofollow dan nofollow.
Karena sebenarnya sangat mustahil sebuah website hanya menghasilkan backlink atribut dofollow secara konsisten, begitu sebaliknya.
Praktek yang paling umum kita temukan adalah selalu ada mix diantara keduanya.
Maka kita tidak perlu khawatir dengan backlink nofollow. Kalaupun mereka tidak dihitung sebagai backlink yang bagus, tapi setidaknya ia akan memberikan profile backlink yang bervariasi.
Karena saat ini masih banyak yang menganggap backlink nofollow tidak berguna.
Bagi kami sebagai salah satu penyedia Jasa Backlink PBN, backlink nofollow bukanlah sesuatu yang dihindarkan. Kita tetap bisa mengkapitalisasinya untuk meningkatkan ranking website.
Masalah kapan harus menggunakan dofollow dan kapan pula harus menggunakan backlink atribut nofollow, itu soal lain yang akan kita bahas nanti.
Pasang backlink di halaman ber-trafik
Salah satu ciri backlink berkualitas adalah backlink yang berasal dari halaman yang memiliki trafik yang relevan dengan backlink yang kita buat.
Misalnya kita membahas tentang strategi link building, kemudian kita pasang backlink ke halaman lain yang membahas tentang strategi SEO Off Page.
Maka backlink seperti ini sangat bagus untuk meningkatkan performa SEO.
Memang untuk mendapatkan backlink seperti ini tidak mudah, tapi jika anda punya budget sedikit saja. Anda bisa membeli backlink PBN Premium dari Salman Agency.
Hindari sumber backlink spam
Kita tahu bahwa backlink spam memiliki dampak yang buruk pada website.
Oleh karenanya kita harus berusaha untuk menghindarinya. Namun, ada beberapa kondisi dimana kita tidak menyadari bahwa sumber backlink kita berpotensi spam.
Salah satu ciri sumber backlink spam adalah “mudah membuat backlink” disana.
Misalnya backlink komentar yang auto approve.
Kami melihat ada banyak sekali agency SEO Indonesia yang menawarkan backlink dengan harga murah, tapi ternyata sumber backlink mereka adalah sumber spam.
Ada ratusan bahkan puluhan ribu backlink yang dipasang disana dengan cara spam.
Text yang dipasan disana kadang menandung hyperlink semua. Ini adalah praktek yang tidak bagus dalam strategi link building anda.
Menariknya, ini kadang dilakukan oleh mastah yang cukup dihargai di dunia SEO.
Sehingga dianggap backlink tersebut tidak ada masalah bagi SEO website kita. Padahal, hal ini berpotensi mengundang hukuman dari Google.
Kecuali jika backlink tersebut digunakan untuk tier 2 dan 3.
Pasang backlink untuk metrik pihak ketiga
Sebelum lebih jauh, kami tekankan pada anda bahwa yang salah bukan tentang membeli backlinknya. Tapi pada tujuan dan cara yang dilakukan.
Banyak diantara praktisi SEO yang membeli backlink hanya agar domainnya memiliki DA/PA diatas 40+, DR 30+ atau sekedar meningkatkan trust flow.
Padahal tujuan kita mendapatkan backlink bukan untuk itu semuanya.
Kita harus tahu bahwa domain authority, domain rating maupun trust flow hanyalah metrik yang dikeluarkan pihak ketiga dan tidak terlihat secara langsung mempengaruhi ranking.
Apalagi jika caranya tidak sesuai dengan kaidah link building yang umum dilakukan.
Karena tujuannya agar metrik naik, maka tidak pernah peduli dengan kualitas backlink yang digunakan untuk melakukan link building.
Mulai sekarang kita harus ubah persepsinya.
Kita melakukan link building adalah agar peringkat website makin naik seiring di akuisisinya backlink berkualitas dalam jumlah yang lebih besar.