Home » Blog Elite » Marketing Hack » Kriteria keyword potensial yang layak di optimasi dengan SEO

4 Kriteria Keyword potensial ala SEOElite agar ranking cepat naik dan konversi bagus

Kriteria keyword potensial untuk dioptimasi agar lebih mudah masuk halaman pertama Google dan sekaligus memiliki konversi yang bagus.

kriteria keyword potensial

Cara membuat SEO benar-benar efektif mendatangkan trafik potensial dari Google organik adalah dengan memilih keyword yang tepat.

Untuk menemukan keyword yang tepat, maka kita harus melakukan riset keyword terlebih dahulu. Selanjutnya barulah melakukan analisa dan pemilihan keyword.

Ada banyak kriteria keyword potensial yang harus dijadikan acuan.

Dengan bantuan kriteria keyword ini, kita akan menemukan kata kunci yang benar-benar layak untuk dioptimasi dan memberikan hasil yang diharapkan.

Yuk kita bahas sama-sama.

Apa itu keyword Potensial

Jadi kita sepakat bahwa kita tidak boleh sembarangan memilih keyword untuk dioptimasi. Ada kriteria keyword yang harus dipertimbangkan.

Tapi, sebelum kita lebih jauh membahas seputar kriteria keyword potensial, ada baiknya kita sepakati dulu apa itu keyword potensial.

Menurut kami, dibawah ini adalah arti kata kunci potensial.

Keyword potensial adalah keyword yang diasumsikan akan mengantarkan kita pada tujuan utama pada proses optimasi. Bisa ranking naik lebih cepat dan mudah, penjualan dan profit meningkat.

1. Keyword Intent

Kriteria keyword pertama adalah keyword intent.

Keyword Intent adalah latar belakang yang mendorong seseorang saat menggunakan kata kunci tertentu untuk mencari informasi di Google organik.

Sebenarnya keyword dibagi menjadi beberapa tipe.

Seperti buying keyword, informational keyword dan transactional keyword. Masing-masing tipe keyword ini memiliki intent yang berbeda.

Karena niat yang melatar belakangi berbeda, maka kita juga harus menyesuaikannya dengan model bisnis yang sedang kita optimasi.

Untuk website toko online tentu saja lebih tepat menargetkan buying keyword. Karena target kita optimasi adalah mendapatkan penjualan langsung.

Sedangkan untuk website publisher, tentu lebih baik tipe keyword informational intent.

Jadi sebelum memutuskan untuk optimasi keyword tertentu. Pastikan anda sudah mengetahui apa intent keyword tersebut.

2. Volume pencarian bulanan

Ternyata intent keyword saja belum cukup. Kriteria keyword berikutnya adalah volume pencarian.

Volume pencarian merupakan frekunsi sebuah keyword digunakan pencari informasi di Google. Semakin sering digunakan semakin bagus.

Volume pencarian ini sebenarnya juga dipengaruhi oleh intent keyword.

Untuk keyword tipe informational biasanya memiliki volume pencarian yang lebih besar dibandingkan tipe keyword lainnya.

Berbeda dengan tipe keyword informational. Buying keyword biasanya lebih sedikit.

Volume pencarian antara 100-500 sudah sangat bagus untuk buying keyword. Untuk memenuhi KPI SEO anda, cari keyword tipe ini setidaknya 10-20 keyword.

Jika anda menemukan 10 keyword saja, maka sebulan minimal ada 1000 pengunjung potensial yang akan membeli produk yang anda jual.

3. Level kompetisi kata kunci

Setelah kata kunci yang anda temukan sudah memenuhi 2 kriteria keyword sebelumnya. Langkah berikutnya adalah mengecek level kompetisinya.

Untuk mengetahuinya kita membutuhkan Tool SEO.

Tool SEO yang sering kami gunakan untuk melakukan analisa level kompetisi kata kunci ini adalah Ahrefs. Ini adalah Tool SEO berbayar.

Lankah ketiga ini sangat penting dilakukan agar anda tidak mengoptimasi keyword yang salah. DImana anda tidak mungkin untuk memenangkannya.

Pada analisa level kompetisi ini setidaknya kita melihat jumlah backlink, otoritas domain, usia domain, jumlah konten serta jumlah keyword yang sudah mereka ranking.

Kemudian kita bandingkan dengan website kita.

Jika website kita jauh berada dibawah website yang berada di halaman pertama Google. Maka, sebaiknya hindari untuk mengoptimasi kata kunci tersebut.

4. Longtail Vs Shortail Keyword

Selain 3 kriteria diatas, kami juga melihat berdasarkan longtail dan short-tail keyword.

Biasanya keyword longtail akan memberikan hasil yang lebih bagus dibandingkan dengan short-tail keyword. Baik konversi maupun kemudahan dalam mengoptimasi.

Kami menyarankan anda untuk memprioritaskan menggunakan longtail keyword dibandingkan short-tail keyword. Walaupun sebenarnya bisa optimasi keduanya sekaligus.

Terakhir

Sebenarnya masih banyak kriteria keyword lain yang bisa dijadikan acuan saat memilih keyword yang ingin dioptimasi.

Tapi setidaknya dengan 4 kriteria diatas anda sudah bisa menemukan kata kunci yang benar-benar bisa mengantarkan anda untuk mencapai KPI SEO.

Sebaiknya anda membaca tulisan kami terkait KPI SEO.

Disana kami membahas berapa kata kunci yang harus dioptimasi, berapa volumenya serta bagaimana mengoptimasi masing-masing keyword sesuai dengan intentnya.

Kami berharap dengan informasi ini anda bisa memiliki keyword yang tepat untuk dioptimasi dan yang paling penting berhasil masuk halaman pertama Google.

Tulisan terkait

TOP