3 Faktor Ranking Website paling berpengaruh untuk SEO pada tahun 2021

faktor ranking website

Raih halaman 1 Google dengan fokus hanya pada 3 faktor ranking website paling utama.

Ranking Factor dan Rule 80/20

Ngomong-ngomong, apakah anda tidak lelah jika harus melakaukan 200 poin faktor peringkat website pada hasil pencarian Google?

Bayangkan, anda harus mengerjakan 200 faktor, itupun belum tentu berhasil.

Bagaimana jika kita fokus pada hal-hal yang dampaknya memang signifikan. Jadi, kita tidak harus mengerjakan 200 faktor peringkat website yang sering dibahas itu.

Cukup lakukan beberapa hal yang benar-benar besar pengaruhnya.

Apalagi jika merujuk pada rule yang diperkenalkan oleh pareto, 20/80. Dimana hanya 20% dari apa yang kita lakukan berdampak pada hasil.

Banyak praktisi SEO, website owner bahkan blogger yang terobsesi untuk melakukan semua faktor peringkat website agar ranking website terus naik.

Padahal hanya sebagian dari apa yang mereka lakukan berdampak pada ranking.

Nah, sekarang kita ingin fokus membahas beberapa faktor peringkat website saja. Faktor yang benar-benar berdampak pada ranking website anda.

Sehingga tidak harus membuang-buang tenaga, waktu, uang dan sumber daya yang lain untuk melakukan 200 faktor peringkat yang lain namun pengaruhnya sedikit sekali.

 

3 Faktor ranking website paling krusial

Konten website

Faktor ranking yang pertama adalah konten. Tepatnya konten yang dioptimasi.

Dalam pemasaran online, konten menjadi bagian yang paling krusial. Terutama pemasaran online yang mengandalkan SEO (Traffic Organic).

Konten yang dibuat secara optimal akan memberikan hasil yang jauh lebih signifikan dibandingkan dengan konten yang seadanya saja.

Salah satu faktor penting dalam membuat konten adalah search intent.

Anda harus membuat konten yang benar-benar sesuai dengan search intent. Selain meningkatkan time onsite, ini juga akan mengurangi bounce rate.

Misalnya keyword “harga …”

Keyword model ini kontennya harusnya mengandung angka. Berbeda dengan keyword lain yang tidak terkait dengan harga.

Selain search intent, konten anda juga harus dibuat dengan struktur yang mudah untuk dibaca. Misalnya, buat judul, subjudul, subjudul 1, subjudul 2 dan seterusnya.

Cukup? Belum. Konten juga harus kaya akan media.

Konten harus juga harus menyertakan media visual seperti gambar. Tentu gambar yang mewakili isi dari artikel anda. Jangan asal.

Intinya, jika konten yang anda buat sudah memenuhi kriteria konten superior ini berarti ia telah memenuhi satu syarat utama untuk bisa masuk halaman 1 Google.

Kita akan bahas dilain kesempatan bagaimana membuat konten superior yang disukai pembaca dan sekaligus mesin pencari sepreti Google.

Stay tune aja ya : )

 

Backlink

Faktor ranking website yang kedua adalah backlink.

Sebenarnya, di forum-forum SEO Indonesia masalah backlink ini sering menjadi perdebatan. Banyak juga blogger yang tidak setuju dengan penggunaan backlink.

Dan itu sesuatu yang lazim saja. Kebebasan dalam berpendapat.

Tapi kalau ingin bebas dalam berpendapatan tentu sebaiknya kita menggunakan backlink. Karena ini yang masih proven hingga hari ini.

Tak bisa kita pungkiri bahwa backlink berpengaruh pada ranking website.

Tentu backlink disini bukan sembarangan backlink. Lebih jauh lagi, backlink yang berpengaruh ini adalah backlink yang dibuat dengan strategi yang benar dan tepat.

Jika anda masih bingung apa yang harus diperhatikan saat melakukan link building terhadap website, mungkin beberapa hal ini bisa membantu anda.

  • Kontekstual backlink, backlink ditempatkan di dalam artikel
  • Backlink berasal dari domain yang berbeda
  • Backlink berasal dari website otoritas
  • Backlink dipasang di halaman yang relevan
  • Tipe backlink bervariasi
  • Anchor text bervariasi.

Salah satu cara yang paling umum disarankan oleh pakar seo agar mendapatkan backlink adalah dengan membuat konten superior.

Jika konten anda unik, menarik dan optimal maka banyak blogger yang akan memberikan backlink dari website mereka secara sukarela.

Walaupun ini cukup jarang terjadi, terutama di Indonesia.

Masih dalam kontek backlink, internal link juga akan membantu meningkatkan peringkat website dengan lebih mudah dan cepat.

Anda harus menghubungkan antara konten yang satu dengan yang lainnya, terutama untuk konten yang  berada dalam 1 kategori yang sama.

Dan kami melihat, cukup banyak blogger yang abai dengan teknik seo yang satu ini.

 

User Experience (Pengalaman pengguna)

SEO Modern, terutama tahun 2021 ini menjadikan user experience (pengalaman pengguna) menjadi sesuatu yang sangat utama.

Jika pengguna puas, maka besar kemungkinan rangking akan naik.

Karena perilaku user di halaman website kita akan memberikan sinyal pada Google apakah mereka puas dengan konten kita atau tidak.

Salah satu indikasi pengguna puas dengan konten yang kita buat adalah ketika time onsite-nya tinggi dan bounce ratenya rendah.

Inilah mengapa kita disarankan membuat konten untuk pengguna, bukan mesin pencari.

Dan bahkan, user experience ini disinyalir juga digunakan google untuk mengevaluasi website yang sudah masuk halaman 1 Google.

Jika user experience website anda justru semakin turun setelah mendapatkan ranking, maka beberapa waktu lagi website anda bisa jadi akan turun.

Jadi, jangan main-main dengan user experience ini.

Ketika UX dan SEO dilakukan bersamaan, website anda akan terus tumbuh dan mendapatkan peringkat di google dalam waktu yang lama.

Berikut ini adalah praktek yang disarankan terkait dengan user experience ini.

  • Membuat konten sesuai intent
  • Menambahkan beberapa internal link di dalam konten
  • Struktur konten yang mudah dibaca
  • Navigasi website
  • Fast Loading (Website super cepat)
  • Konten visual yang menarik (gambar resolusi tinggi)
  • Menambahkan call to action
  • Ajakan berinteraski, seperti berkomendar dan lain sebagainya.

Jika halaman website anda memenuhi beberapa hal diatas, maka besar kemungkinan user experiencenya akan semakin bagus.

Itulah 3 faktor ranking website paling utama untuk anda perhatikan saat melakukan optimasi terhadap website.

Jika ini bisa dilakukan dengan benar dan konsisten, maka akan banyak halaman website anda yang masuk halaman 1 Google dengan mduah.

Untuk anda yang masih penasaran dengan faktor peringkat yang lainnya, mari kita simak ulasan selanjutnya dibawah ini.

 

Struktur website

Jika anda membuat strukur website yang memudahkan mesin pencari dalam merayapi dan memahami konteks setiap halaman, maka ini akan memberikan hasil positif pada website anda.

Tidak itu saja, struktur yang dibuat dengan benar akan memudahkan user dalam mengakses konten terkait di halaman website anda.

Kami sangat menyarankan agar anda merencanakan strukut website sebelum membuat website baru. Inilah yang selalu kami lakukan.

 

Mobile Friendly

Website yang mobile friendly menjadi bagian yang sangat penting agar SEO website anda semakin bagus. Dan diberikan bonus ranking oleh google.

Beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk mendapatkan website yang mobile friendly diantaranya adalah membuat tombol yang besar, gambar resolusi tinggi, ukuran font tidak kecil, tidak menggunakan flash dan lain sebagainya.

Umur dan otoritas domain

Ini sebenarnya bukan hal baru. Bahwa usia domain dan otoritas domain memiliki pengaruh yang besar terhadap peningkatan ranking website anda.

Bahkan salah satu punggawa SEO dunia dari Ahrefs mengatakan bahwa website yang berhasil masuk halaman 1 Google rata-rata berusia diatas 3 tahun.

Mungkin ini juga kenapa banyak praktisi SEO yang memburu aged domain.

Karena domain yang sudah berumur apalagi memiliki backlink dari website otoritas akan lebih mudah masuk halaman 1 Google.

Seperti yang sudah kita singgung diawal, sebenarnya ada banyak sekali faktor peringkat website di hasil pencarian Google, Cuma dengan memprioritas 3 hal utama diatas itu sudah lebih dari cukup.

Namun, jika anda ingin mengoptimasi faktor lain juga. Tentu hal tersebut tidak ada salahnya.

 

TOP