Home » Blog Elite » SEO Hack » Apa itu Anchor Text dan dan cara menggunakannya untuk meningkatkan ranking website di Google

Apa itu Anchor Text dan cara optimasi untuk meningkatkan ranking website di Google

anchor text

Pengertian Anchor Text & cara optimasinya untuk ranking di Google

Backlink penting untuk peringkat website

Tak di pungkiri, backlink adalah faktor ranking yang cukup menentukan agar website anda tampil di Google paling atas, hingga saat ini.

Sehingga banyak yang praktisi SEO yang berburu backlink.

Baik backlink profile, backlink PBN, Guest Post maupun Content Placement. Tujuannya satu, agar ranking website naik lebih cepat dan mudah.

Dan semua orang tahu itu.

Yang tidak banyak orang tahu, bagaimana melakukan strategi link building yang tepat sehingga backlink yang dipasang berdampak positif pada ranking website.

Salah satu yang sering dilewatkan adalah Anchor Text.

Ya, anchor text.

Ini adalah elemen krusial yang seringkali diabaikan saat praktisi SEO pemula melakukan link building. Padahal, jika dilakukan dengan benar, efeknya berasa banget.

Nah, berangkat dari masalah itu semua. Kami ingin membahas anchor text ini untuk anda. Mulai dari apa itu anchor text, jenis dan bagaimana cara menggunakannnya.

Baik, mari kita bahas sama-sama.

Apa itu Anchor Text

Seperti biasa, kita mulai dengan defenisi terlebih dahulu. Apa itu Anchor Text

Anchor Text adalah Text yang dipasang link menuju halaman berbeda, baik pada website yang sama maupun website yang berbeda. Bisa terdiri dari 1, 2,3 kata atau lebih.

Lihat contoh penggunaan anchor  pada backlink

Dan google, melihat relevansi halaman website melalui anchor text ini.

Menariknya, backlink yang anda buat akan semakin signifikan dampaknya pada kenaikan ranking website jika menggunakan anchor text yang tepat.

Pertanyaan selanjutnya, apa jenis anchor yang bagus untuk meningkatkan ranking website. Dan apa pula anchor text yang tidak bagus untuk ranking website.

Baik, kita akan bahas pelan-pelan.

Jenis Anchor Text pada SEO

Pertama, kami ingin memperkenalkan pada anda apa saja jenis anchor text yang paling sering digunakan oleh praktisi SEO berpengalaman.

Dan jika anda ingin berhasil dalam tindakan SEO, mengetahui bagian ini penting sekali.

1. Exact Match Keyword

Merupakan keyword yang terdiri dari kata-kata yang anda ingin ranking untuk keyword tersebut, biasanya memiliki volume pencarian yang besar.

Disisi lain, persaingan jenis keyword ini juga sangat ketat.

Dan banyak praktisi SEO pemula yang salah menggunakan anchor text jenis ini. Kita akan bahas dibagian lain kenapa mereka melakukan kesalahan ini.

2. Phrase Match

Jenis keyword ini bisa kita lihat jika sebuah kata terdapat kata kunci yang ingin kita ranking. Tapi, biasanya juga disertai kata lain.

Misalnya, kita ingin ranking keyword “belajar seo”, maka keyword yang masuk pada phrase match adalah “Tempat belajar SEO”.

Saya cukup sering menggunakan anchor text ini

3. Partial Match Keyword

Berbeda dengan jenis anchor sebelumnya, keywordnya tidak memiliki urutan yang sama persis dengan keyword yang ingin kita ranking.

Akan tetapi, kata-katanya terdapat dalam frasa tersebut.

Contohnya: “Belajar optimasi SEO website di Kaffah Academy” tak perlu bayar, karena gratis.

Pada anchor diatas, kita menemukan kata “Belajar” dan “SEO”, tapi tidak berada pada posisi yang urut, seperti exact dan phrase keyword.

Ini kita kategorikan pada anchor partial match.

4. Brand Anchor

Jika anchor text yang digunakan terdiri dari nama brand kita, maka itu disebut dengan brand anchor.

Misalnya: Kaffah Academy merupakan tempat belajar SEO gratis.

Anchor Kaffah Academy adalah brand anchor. Dan sebaiknya anda juga maksimalkan penggunaan brand ini, apalagi jika brand anda sudah kenal banyak orang.

5. Naked Url

Terkadang, kita memasang backlink menggunakan anchor jenis ini. Terutama saat membuat backlink profile,baik di forum maupun di situs lainnya.

Contoh nake url anchor adalah : https://www.seoelite.id

Kami juga menemukan bahwa penggunakan anchor text jenis ini juga bagus dampaknya pada kenaikan ranking website jika digunakan dalam jumlah yang tepat.

6. Generik / Random Anchor

Nah, terkadang kita juga bisa memasang link menggunakan anchor generik.

Beberapa contoh anchor generik adalah klik disini, baca disini, selengkapnya, cek disini, kunjungi disini dan lain sebagainya.

Sebaiknya, profile backlink website bisnis anda juga mengandung anchor jenis ini. Selain aman, ia juga memberikan kesan natural terkait strategi link building yan dilakukan.

7. Image Anchor

Jika anda mendapatkan backlink dari iklan banner, baik dari sistem affiliate yang anda bangun atau melalui teknik yang lain, maka anchor tersebut dikategorikan pada image anchor

Biasanya disertakan alt tag pada gambar tersebut.

8. No Anchor

Saat melakukan analisa kompetitor, kami cukup sering menemukan anchor tipe ini.

Kami tidak tahu apakah ini bagian dari strategi atau hanya karena banyak sumber backlink yang tidak menyertakan alt text pada gambar yang link ke halaman website mereka.

Belum bisa di konfirmasi sejauh mana keefektifan anchor ini.

Tapi yang jelas, bisa meningkatkan variasi anchor text pada profile backlink kita dan mengurangi resiko mendapatkan hukuman dari Google.

Cara menggunakan Anchor Text

Setelah anda mengetahui apa saja tipe anchor text pada SEO, sekarang kita akan bahas bagaimana cara menggunakannya untuk meningkatkan ranking website.

Perlu di ingat, bagian ini cukup pro kontra. Jadi, cara kami ini sangat mungkin berbeda dengan praktisi SEO berpengalaman lainnya.

Untuk mengetahui anchor yang harus kita gunakan, kami akan melakukan analisa kompetitor terlebih dahulu.

Alat yang kami gunakan adalah Ahrefs.

Melalui alat analisa kompetitor ini, kami akan mendapatkan data distribusi penggunaan anchor text untuk website tersebut.

Ngomong-ngomong, total website yang kami analisa ada 10.

Terutama website yang tampil dihalaman 1 Google untuk keyword yang di target. Selanjutnya barulah bisa memutuskan harus menggunakan anchor yang mana.

Bahkan, terkadang kami menetapkan persentasenya.

Walaupun penggunaan persentase disini sebenarnya tidak begitu relevan dengan kenaikan ranking website di hasil pencarian Google.

Semakin akurat hasil analisa kompetitor, semakin tepat anchor yang anda gunakan.

Kesimpulan

Sampai hari ini backlink masih sangat bagus untuk meningkatkan ranking website.

Anda hanya perlu menggunakan anchor text yang tepat dalam jumlah yang tepat pula. Dan ini bisa anda lakukan setelah melakukan analisa kompetitor menggunakan Ahrefs.

Banyak website yang tidak naik walaupun sudah diberikan backlink karena salah dalam melakukan strategi link building.

Dan kami harap, anda tidak melakukan kesalahan yang sama (melakukan link building secara serampangan) setelah membaca tulisan yang kami buat ini.

Semoga bermanfaat dan selamat praktek.

Tulisan terkait

TOP