Home » Blog Elite » SEO Hack » Apa itu SEO dan SEM serta perbedaan mendasar keduanya

Apa itu SEO dan SEM
​serta perbedaan mendasar antara keduanya

Mengetahui apa itu SEO dan SEM akan membantu anda untuk memilih strategi pemasaran online yang tepat dan mengoptimalkan keduanya untuk hasil yang lebih maksimal.

Apa itu SEM dan SEO

Pengertian dan perbedaan SEO dan SEM

SEO dan SEM merupakan salah satu strategi pemasaran online berbasis search engine yang memberikan hasil yang cukup bagus untuk banyak pemilik bisnis.

Bagi anda yang ingin mendapatkan banyak manfaat dari strategi pemasaran online yang satu ini ada baikyna mempeljari beberapa hal yang akan kami bahas dibawah ini.

Apa itu SEM

Melalui tulisan ini kita akan bahas apa itu SEM, manfaat SEM dan bagaimana cara mengoptimalkan SEM untuk meningkatkan trafik website dengan biaya minimal.

Baik, mari kita mulai dari defenisi terlebih dahulu.

SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing, merupakan salah satu teknik pemasaran online yang dilakukan pemiliki bisnis untuk mengoptimalkan pencarian Google versi berbayar, kita mengenalnya dengan Google Ads.

Dulu SEO (Search Engine Optimization) juga termasuk dari SEM. Tapi, tidak untuk saat ini. SEO merupakan strategi pemasaran online versi organik.

Menggunakan SEM ini, kita harus membayar Google untuk bisa tampil dihasil pencarian Google (SERP). Kita akan tampil di SERP untuk kata kunci yang ditarget.

Ketika pencari informasi mengetikan kata kunci yang kita target, maka Google akan menampilkan iklan kita SERP paling atas dan kadang juga dibagian bawah.

Menariknya, kita hanya membayar ketika pencari informasi mengeklik iklan kita.

Iklan yang tampil di bagian atas atau bawah halaman ini biasanya ditandai dengan kata “Ads”, sehingga teridentifikasi sebagai iklan oleh pencari informasi.

Saat ini fitur SERP untuk Google Ads sudah sangat bervariasi. Tujuannya satu, agar semakin banyak pencari informasi yang tertarik untuk mengunjungi halaman iklan tersebut.

Untuk anda yang ingin mendapatkan trafik instan dalam jangka waktu yang singkat, maka melakukan SEM (Search Engine Marketing) adalah pilihan tepat.

Akan tetapi jika anda termasuk orang yang enggan mengeluarkan biaya untuk iklan, maka pilihannya anda menggunakan strategi organik yang akan kita bahas beberapa waktu lagi.

Apa manfaat SEM (Search Engine Marketing)

Ada banyak sekali manfaat SEM untuk bisnis anda jika digunakan secara tepat dan konsisten. Beberapa dibawah ini adalah diantaranya.

1. Menjangkau market secara instan

Berbeda dengan SEO, menggunakan SEM kita bisa mendapatkan trafik instan hanya dalam hitungan menit. Tidak perlu optimasi webiste barhari-hari dan berbulan-bulan.

Selama anda menargetkan katak unci yang tepat, maka trafik akan berdatangan ke landing pages untuk melihat produk dan penawaran yang anda tawarkan.

Ini sangat cocok untuk anda yang ingin mendapatkan ROI yang cepat dan terukur.

2. Target market sesuai lokasi

Melalui SEM ini kita bisa menargetkan pasar pada lokasi tertentu. Dan dengan cara ini konversi iklan anda akan semakin tinggi. Karena memang berdasarkan kebutuhan pasar.

Sekali lagi, jika anda melakukannya dengan benar hasilnya akan luar biasa.

Banyak bisnis lokal yang tumbuh dan berkembang dengan SEM ketika mereka menemukan pola iklan yang tepat untuk bisnis mereka.

3.Target market sesuai intent

Tidak hanya menargetkan berdasarkan lokasi tetentu, dengan SEM kita juga bisa menargetkan orang dengan intent tertentu.

Ini bisa kita lakukan dengan menggunakan kata kunci yang ditarget.

Yang harus kita lakukan hanyalah memilih kata kunci yang benar-benar sesuai dengan intent yang kita target dan kemungkinan besar akan membeli produk kita.

Misalnya kata kunci dengan intent pembelian.

Seperti kata kunci yang mengandung harga, lokasi, kelebihan, perbandingan serta kata kunci lain yang masih intent pembelian

4.Berbasis Pay per Click (PPC)

Menariknya lagi, SEM ini baru bayar ketika ada orang yang klik iklan kita. Dan klik iklan sama artinya dengan satu kunjungan.

Jika ada 10 orang yang klik iklan kita, maka kita akan bayar iklan untuk 10 orang tersebut. Dan kemungkinan besar dari 10 orang yang klik itu akan berkunjung ke website kita.

Semakin banyak klik, maka semakin besar peluang penjualan produk kita.

Cara optimalkan SEM untuk bisnis

Sebelum kita melakukan strategi SEM sebagai teknik pemasaran online, ada baiknya kita mengetahui beberapa cara untuk mengoptimalkan hasilnya.

Tujuannya, agar anggaran yang kita keluarkan tidak terbuang sia-sia tanpa hasil.

Khusus untuk anda yang masih pemula, mungkin bisa mengikuti beberapa saran kami dibawah ini. Sampai anda memiliki pola dan cara sendiri. Mari kita bahas.

1. Mulai dari riset kata kunci

Salah satu strategi SEM terbaik yang tidak bisa anda abaikan adalah menggunakan kata kunci tertarget sesuai dengan yang digunakan oleh market yang anda target.

Untuk menemukan kata kunci ini, maka kita harus melakukan riset terlebih dahulu.

Ada banyak tool riset keyword berbayar maupun gratis untuk menemukan kata kunci yang populer dan memiliki konversi yang tinggi. Salah satunya adalah Ahref dan Google Planner.

Silahkan gunakan salah satunya.

Kemudian temukan kata kunci potensial yang akan anda gunakan untuk mengiklankan bisnis anda menggunakan teknik pemasaran online SEM.

2. Membuat iklan yang menarik

Agar strategi pemasaran online menggunakan SEM berjalan dengan efektif, sebaiknya anda membuat iklan yang benar-benar menarik bagi pencari informasi.

Ada beberapa tips sederhana yang bisa anda ikuti.

  • Gunakan kata kunci pada iklan anda
  • Komunikasikan masalah yang ingin anda atasi secara clear melalui iklan
  • Iklan harus sesuai dengan keyword intent
  • Strategi harga dan promosi yang relevan
  • Buat Call to Action yang jelas
  • Gunakan Ekstensi iklan yang tersedia

Dengan melakukan beberapa tips diatas secara konsisten, diharapkan iklan SEM yang anda buat bisa memberikan hasil yang memuaskan.

3. Tingkatkan Quality Score

Mungkin anda akan bertanya, kenapa kita harus meningkatkan quality score iklan. Ya, tujuannya adalah agar iklan kita tampil lebih sering dengan biaya yang minimal.

Harapannya, semakin sering iklan anda tampil maka semakin besar peluang orang mengeklik iklan dan mengunjungi landing pages penawaran anda.

Bagaimana cara meningkatkan quality score akan kita bahas dilain kesempatan.

Apa itu SEO

Selain melakukan SEM (Search Engine Marketing) anda juga bisa melakukan SEO. Lalu apa itu SEO dan bagaimana cara melakukannya, mari kita bahas sama-sama.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization merupakan salah satu teknik pemasaran online untuk mendatangkan trafik dari hasil pencarian Google organik tanpa bayar iklan.

Intinya, dengan SEO kita tidak bayar Google sama sekali.

Yang kita lakukan dengan SEO ini adalah mengoptimalkan website bisnis kita agar disukai Google dan kemudian mereka tampilkan dihasil pencariannya. Se-simple itu.

Perlu diketahui, disukai Google sama dengan disukai pencari informasi.

Jika pencari informasi tidak menyukai website anda, maka sudah bisa dipastikan Google juga tidak akan suka dengan website anda.

Dan Google bisa mendeteksinya melalui perilaku pengguna website kita. Mungkin saat ini istilah ini lebih cocok kita sebut dengan user experience.

Jika user experience website anda jelek, maka siap-siap rankingnya turun.

Berbeda dengan fitur SERP pada hasil SEM. Pada SEO kita tidak akan melihat fitur “Ads” pada hasil pencariannya di Google.

Untuk anda yang ingin tahu bagaimana cara kerja SEO dan yang paling penting bagaimana cara melakukan SEO, sebaiknya anda berkunjung ke halaman Belajar SEO kami.

Perbedaan SEM dan SEO

Jika anda sudah memahami pengertian masing-masing istilah ini, seharusnya anda sudah bisa menemukan perbedaan yang paling signifikan dari kedua istilah ini.

Untuk memudahkan kita memahami perbedaannya, kita perlu tahu bahwa pada dasarnya hasil pencarian Google terdiri dari 2 kategori utama.

Pertama, pencarian berbayar dan kedua pencarian organik

SEM (Search Engine Marketing) merupakan strategi marketing online dengan mengandalkan iklan berbayar yang ditawarkan Google maupun Bing.

Kita akan mengeluarkan biaya untuk setiap orang yang berkunjung ke website kita melalui iklan yang kita pasang di Google Ads.

Sedangkan SEO (Search Engine Optimization) adalah teknik promosi website di Google pencarian tanpa membayar iklan sepersen pun.

Yang kita lakukan hanyalah mengoptimasi website agar disukai oleh Algoritma Google dan kemudian ditampilkan dipencarian Google paling atas.

Dan untuk optimasi website menggunakan SEO ini ada banyak sekali yang harus kita lakukan, seperti melakukan Technical SEO, Onpage SEO serta Link Building.

SEO ini sebenarnya tidak harus kita lakukan sendiri.

Saat ini ada banyak sekali SEO Specialist yang menawarkan layanan mereka pada kita. Dan untuk anda yang ingin bisnisnya berkembang lebih cepat dengan menggunakan SEO, tidak ada salahnya menggunakan Layanan Optimasi website yang mereka tawarkan.

Jadi perbedaan dari keduanya terlihat pada beberapa sisi

1. Biaya yang dikeluarkan

Kedua teknik traffic generation ini memiliki perbedaan signifikan dari sisi biaya yang harus dikeluarkan oleh pemilik bisnis.

SEM (Search Engine Optimization) akan dibebankan biaya untuk setiap klik iklan oleh pencari informasi. Walaupun akhirnya mereka tidak jadi beli produk kita.

Sedangkan SEO (Search Engine Optimization, kita tidak perlu bayar pada Google.

Hanya saja, jika kita tidak melakukannya sendiri. Tentu saja kita tetap bayar Konsultan SEO untuk melakukan optimasi terhadap website.

Tapi dengan SEO, anda tidak harus mengeluarkan biaya setiap ingin akuisisi trafik. Biaya yang dikeluarkan cenderung tetap.

Sedangkan pada SEM, biaya yang kita keluarkan berbanding lurus dengan trafik yang ingin dihasilkan. Jika ingin trafik lebih besar, sediakanlah budget SEM yang lebih besar.

2. Waktu yang dibutuhkan untuk melihat hasil

Perbedaan SEM dan SEO berikutnya adalah pada waktu.

Dengan SEM anda bisa mendapatkan hasil trafik dalam jangka waktu yang  relatif pendek, kami sering menyebutnya dengan trafik instan.

Sedangkan dengan SEO kita membutuhkan waktu lebih lama.

Proses SEO membutuhkan waktu berbulan-bulan dan bahkan tahunan. Tapi, ketika teknik ini berhasil maka anda akan menghemat biaya iklan hingga ratusan juta.

Terakhir, pilih mana

Sampai disini, kami berharap anda sudah paham apa beda SEM dan SEO.

Pertanyaannya, apakah kita harus memilih salah satu atau bisa menggunakannya keduanya.

Menurut pendapat kami, kita bisa menggunakan keduanya. Tentu saja berdasarkan tujuan pemasaran online kita masing-masing.

Jika kita ingin mendapatkan trafik instan dan juga tersedia budget yang cukup. Maka menggunakan SEM adalah pilihan yang tepat.

Apalagi jika momennya tepat, musim liburan, lebaran atau akhir tahun.

Disisi lain, kita tetap melakukan SEO (Search Engine Optimization) sebagai upaya kita untuk mendapatkan trafik dalam jangka panjang.

Ketika trafik dari SEO sudah mulai kita dapatkan, maka budget iklan kita dari SEM secara bertahap dan terukur sudah bisa dikurangi.

Semakin kecil budget SEM, maka akan semakin tinggi profit margin yang akan kita dapatkan. Asumsi awalnya begitu.

Akan tetapi, jika teman-teman harus memilih salah satu. Maka, kami sarankan untuk memulai dari trafik gratis terlebih dahulu (SEO).

Jika budget SEM sudah tersedia, barulah menggunakan SEM.

Jadi, tidak ada celah bagi kita untuk mempertentangkan keduanya. Karena mereka bisa diterapkan pada bisnis kita pada kondisi yang sesuai.

 

Tulisan terkait

TOP