Alamat Kantor:

Zavira Regeny Blok A7
Batas Kota Pekanbaru - Kampar, Riau — Indonesia

Belajar cara Jualan Online Laris Manis nyaris tanpa Modal, pemula juga bisa mulai

Melalui tulisan ini anda bisa belajar cara jualan online menggunakan berbagai platform yang ada. Sangat cocok untuk pemula yang baru memulai bisnis online.
cara-jualan-online

Belajar cara Jualan Online

Untuk bisa menghasilkan uang 10 – 15 juta  perbulan tidak sesulit dulu. Walaupun juga tidak semudah membalikan telapak tangan.

Melalui media Internet, ada banyak hal yang bisa anda lakukan. Salah satunya adalah dengan cara jualan online. Produk fisik maupun jasa.

Sudah banyak sekali yang membuktikannya.

Penulis adalah satu dari ribuan orang yang sudah berhasil. Sebelumnya tidak pernah terbayangkan bisa berpenghasilan 15 – 30 juta perbulan.

Tapi, saat ini hal tersebut tidak lagi mimpi. Sudah terbukti.

Kami akui, untuk bisa menghasilkan uang secara konsisten dari internet memang tidak mudah. Butuh ilmu, waktu dan kreatifitas.

Walaupun juga tidak mustahil. Jika kami bisa, tentu saja anda juga bisa.
Mungkin bisa lebih sukses.

Pertanyaannya, bagaimana cara jualan online agar sukses seperti orang kebanyakan. Apalagi bagi anda yang merasa memiliki modal kecil.

Nah, pada kesempatan ini kami ingin berbagi pengalaman bagaimana cara memulai jualan online nyaris tanpa modal. Cukup waktu, tenaga, koneksi internet dan beberapa uang rupiah.

Kami tidak berani mengatakan jualan online tanpa modal.
Tanpa uang serupiah pun.

Rasanya ungkapan tersebut menipu diri sendiri dan banyak orang. Bukankah waktu, tenaga dan koneksi internet itu modal juga.

Jadi, tidak ada bisnis yang  benar-benar tanpa modal. Kalau modal kecil, kami sangat sepakat.
Mungkin ada benarnya.

Baik, mari kita bahas bagaimana langkah-langkah cara jualan online laris manis bagi pemula dengan modal super kecil.

Belajar jualan online Gratis

Saat mudah sekali menemukan artikel panduan cara jualan online. Bahkan di Youtube kita juga bisa menemukannya dengan mudah.

Tapi, sekedar untuk menambah referensi. Kami juga akan membuatkannya untuk anda.
Dengan cara penyajian yang berbeda.

Kami berharap, setelah membaca tulisan ini.

Anda sudah memiliki gambaran bagaimana memulai bisnis jualan online dengan modal kecil sekalipun.

Baik, mari kita bahas Bersama-sama.

Langkah-langkah cara jualan online

Berikut ini adalah beberapa step yang bisa anda ikuti untuk bisa memulai bisnis jualan online. Perlu diketahui, langkah-langkah ini bukanlah sesuatu yang baku.

Anda bisa menyesuaikannya dengan keadaan masing-masing.
Mari kita bahas satu persatu.

1. Riset Pasar dan Produk

Langkah awal yang harus dilakukan adalah riset pasar.

Goal dari riset pasar ini adalah untuk mengetahui produk yang diminati dan dibutuhkan oleh pasar. Yakni, produk yang memberikan solusi atas problem yang mereka hadapi.

Logikanya, jika produk tersebut bisa memberikan solusi. Tentu akan banyak orang yang rela mengeluarkan uang untuk mendapatkannya.

Dalam melakukan riset pasar di Internet. Kita bisa melakukan dengan 2 cara.

Cara pertama adalah dengan menggunakan Teknik riset keyword. Yakni, menemukan kata-kata yang sering digunakan pengguna google untuk mencari produk/jasa tertentu.

Dalam melakukan riset keyword ini.
Kita bisa menggunakan tool gratisan maupun berbayar.

Untuk tool riset keyword gratisan, anda bisa menggunakan Ubersuggest dari Neil Patel.

Melalui alat riset keyword ini, kita bisa mengetahui volume pencarian untuk keyword yang kita riset. Termasuk persaingannya di Google.

Keyword yang bagus adalah keyword yang memiliki volume pencarian besar di google, namun persaingannya tidak terlalu ketat.

Anda bisa melihat panduan riset keywordi Kaffah Academy.

Cara riset pasar yang kedua adalah dengan mengunjungi Marketpalce.
Ini sama seperti pasar di dunia off-line.

Saat ini ada banyak sekali Marketplace di Indonesia. Seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Lazada dan lain sebagainya.

Cuma, untuk riset pasar manual. Kami lebih suka menggunakan shopee, bukalapak dan tokopedia. Karena, datanya tersedia.

Menggunakan Teknik riset pasar internet yang kedua ini, setidaknya ada 3 hal yang harus kita ketahui. Seperti nama produk, angka penjualan serta ulasan.

Semakin banyak produk tersebut terjual, itu artinya banyak permintaan.

Semakin banyak ulasan binting 4 dan 5, itu artinya produk memiliki kualitas yang bagus dan layak untuk dipasarkan menggunakan internet.

Riset pasar menggunakan cara kedua ini jauh lebih mudah. Walaupun dari segi kevalidan data masih sulit untuk dipertanggungjawabkan.

Kami harap, sampai disini anda paham bagaimana cara melakukan riset pasar di internet.

2. Mencari supplier terpercaya

Jika anda sudah menemukan pasar yang tepat, termasuk produk yang layak ditawarkan pada mereka. Langkah berikutnya adalah menemukan supplier.

Menemukan supplier bagus memang tidak mudah.

Apalagi saat ini. Semuanya mengaku sebagai supplier. Padahal, sebagian dari mereka sebenarnya reseller dan dropshiper.

Jadi, anda harus menyedikan banyak waktu untuk menemukan supplier yang kredibel. Agar anda tidak kecewa dikemudian hari. Low respon atau ditipu.

Atau jika ingin memproduksinya sendiri, anda bisa menggunakan konveksi terdekat. Untuk anda yang di Jogja, bisa cari konveksi Jogja seperti konveksisablon.com

Jika anda memutuskan untuk daftar reseller, coba cek Macodigital.id

Saat memilih supplier, kami menetapkan beberapa syarat dan ini penting untuk kita perhatikan. Beberapa diantaranya adalah :

1. Ready Stock

Syarat supplier pertama adalah memiliki stok produk yang banyak.
Bahasa kerennya, Ready Stock.

Tanyakan pada mereka, apakah stok produknya selalu ready atau tidak. Karena, hal ini sangat besar pengaruhnya jika orderan sudah mulai banyak.

Apalagi bagi anda yang menggunakan Teknik pemasaran berbayar.

Bisa-bisa anda rugi besar jika stok habis, sementara anda sudah menghabiskan banyak biaya untuk mengiklankan produk tersebut.

Banyak supplier ditinggal pelanggan karena masalah stok ini.

2. Stock Update

Selain ready stock, supplier yang anda pilih juga harus selalu update stoknya.

Informasi stok terbaru sangat anda butuhkan jika anda ingin mempromosikan produk tersebut menggunakan iklan berbayar seperti Facebook dan Instagram Ads.

Jika stoknya tinggal sedikit, anda tidak perlu pasang iklan

3. Menguasai produk Knowledge

Syarat supplier berikutnya dalah mengerti dengan produk mereka.

Mereka harus memiliki product knowledge yang bagus. Karena, saat pembeli bertanya tentu anda akan menanyakan balik pada supplier.

Salah satu ciri supplier yang mengerti tentang produk bisa dilihat dari deskripsi produk mereka di toko online maupun marketplace.

Jika mereka bisa menguraikan value dari produk secara jelas dan gambling. Itu artinya mereka memilik pengetahun yang memadai terhadap produk yang mereka jual.

Ini juga akan membantu jika suatu saat pembeli anda bertanya tentang produk.

4. Fast Response

Bagi kami, tidak cukup hanya memiliki product knowledge yang bagus.
Tapi, low response.

Terkadang, cara melakukan verifikasi apakah orang yang anda hubungi adalah supplier atau tidak bisa juga melalui Teknik ini.

Jika mereka low response. Sangat mungkin mereka bukanlah supplier utama.

Karena, jika mereka supplier tentu tinggal jawab dan jelaskan apa yang kita tanyakan. Tidak harus menunggu lama untuk menjelaskannya.

Dari banyak ketentuan supplier, fast response ini adalah bagian penting bagi kami.

5. Bertanggung Jawab

Syarat supplier berikutnya adalah bertanggungjawab.

Dalam jualan online, terkadang ada banyak masalah saat menjalankannya. Mulai dari barang rusak, konsumen minta refund dan lain sebagainya.

Nah, untuk menyelesaikan hal ini tentu kita membutuhkan kerjasama dengan supplier.

Tapi, masalah tidak bisa diselesaikan dengan mudah jika supplier termasuk orang yang suka lari dari tanggungjawab. Dampak langsungnya anda bisa rugi uang dan waktu.

Oleh karenanya, cobalah untuk menyeleksi supplier yang bertanggungjawab sejak awal.

Sehingga anda tidak dikecewakannya dikemudian hari.

3. Memilih saluran pemasaran prioritas

Pemasaran online memiliki banyak kelebihan dibandingkan off-line.

Dengan pemasaran online, kita bisa memanfaatkan banyak sekali saluran online marketing. Mulai dari Google, Facebook, Instagram, Youtube serta Forum online.

Karena pilihannya banyak, tentu anda harus memilih salah satunya.

Pilih saluran pemasaran online yang paling sesuai dengan karakteristik dari produk. Sehingga mampu menyasar pasar yang tepat.

Karena, masing-masing saluran juga memiliki karakteristiknya masing-masing.

Instagram lebi cocok untuk produk fashion. Atau untuk target market yang kisaran umurnya 20 hingga 35 tahunan saja.

Sedangkan Facebook, mungkin bisa lebih luas.

Jika produk anda berbasis kebutuhan. Kami menyarankan anda untuk menggunakan Google. Baik Google Organik (SEO) maupun Google Ads (Berbayar).

Jika anda tidak bisa melakukan SEO sendiri, coba gunakan Paket SEO Bulanan

Contoh produk/jasa berbasi kebutuhan adalah bisnis pindahan rumah, rental mobil, paket wisata, sewa villa dan lain sebagainya.

Jadi, tentukan saluran pemasaran yang akan digunakan pertama kali.

Semakin sesuai saluran pemasaran yang digunakan dengan produk yang anda jual, maka semakin besar terjadinya konversi penjualan.

Jangan sampai anda salah pilih saluran pemasaran.

4. Membuat landing page / website toko online

Setelah anda punya produk dan menentukan saluran pemasarannya. Langkah berikutnya adalah membuat website toko online.

Landing page/website toko online ini berguna untuk memajang produk.
Layaknya sebuah toko off-line.

Melalui website inilah anda menawarkan produk maupun jasa pada pembeli. Disini anda bisa menjelaskan secara detail tentang produk.

Menyertakan gambar produk, menjelaskan manfaat produk dan harganya.

Selanjutnya, landing page inilah yang akan melayani setiap pembeli yang berminat untuk membeli produk maupun jasa yang ditawarkan.

Oleh karenanya, harus dibuat sebaik mungkin. Simpel dan user friendly.

Anda bisa memesan website toko online yang memenuhi kriteria diatas melalui penyedia jasa pembuatan toko online seperti WP Elite.

Atau jika anda ingin membuatnya sendiri, bisa belajar membuat toko online di Kaffah Academy. Bisa lebih hemat dari sisi biaya.

5. Mendatangkan pengunjung

Langkah berikutnya adalah mendatangkan pengunjung.

Tidak ada gunanya produk bagus, website toko online keren jika tidak ada orang yang datang berkunjung ke website toko online anda.

Oleh karenanya, anda harus berusaha mendatangkan pengunjung.

Cara mendatangkan pengunjung tergantung pada saluran pemasaran online yang anda pilih. Apakah menggunakan Instagram, facebook atau Google.

Jika anda ingin menggunakan Google. Ada 2 pilihan dalam mendatangkan pengunjung.
Menggunakan cara Organik (SEO) atau Google Ads (Berbayar).

Keduanya bagus. Tergantung budget iklan yang tersedia.

Jika anda ingin menggunakan SEO (Search Engine Optimization), anda bisa menggunakan Layanan Optimasi website. Seperti Azhima SEO.

Tapi, bila anda ingin melakukannya sendiri. Silahkan belajar seo terlebih dahulu.
Anda bisa belajar SEO Website di Salim Academy.

Materi SEOnya lengkap dan gratis.

Selain SEO, anda juga bisa menggunakan channel pemasaran yang lainnya. Yang terpenting adalah menggunakan strategi pemasaran yang tepat.

Untuk info lebih lengkap tentang strategi pemasaran yang kami rekomendasikan, silahkan pelajari pada halaman berikut, kami sudah menyiapkan 7 Strategi pemasaran online untuk anda.

6. Melayani Pembeli

Langkah jualan online berikutnya adalah melayani pembeli.

Anda harus melayani mereka sejak pertama kali berkunjung ke website toko online anda hingga mereka memutuskan untuk membeli melalui anda.

Melayani pembeli ini juga harus pakai ilmu. Tidak bisa sembarangan.

Anda harus tahu apa saja elemen-elemen yang meningkatkan penjualan. Mulai dari Bahasa hingga hal teknis lainnya. Seperti harga dan value produk.

Saat mereka bertanya tentang produk, jangan fokus menjelaskan fitur dan kelebihannya. Tapi, fokuslah pada manfaat produk dan jasa yang ditawarkan.

Sehingga calon pembeli yakin bahwa produk anda layak untuk dibeli.

Untuk menunjang pekerjaan anda saat melayani pembeli, kami sangat merekomendasikan agar anda belajar tentang copywriting. Ini penting banget.

Jika anda menguasai Teknik copywriting dengan baik. Dengannya anda bisa mengkonversi pengunjung menjadi pembeli dengan lebih mudah.

7. Optimalkan seluruh saluran pemasaran

Jika anda sudah berhasil mengoptimalkan saluran pemasaran online utama. Maka, tidak ada salahnya untuk mencoba saluran yang lain.

Tapi ingat, kami tidak merekomendasikan untuk menggunakannya sekaligus.
Kecuali, tim dan budget iklan anda tidak terbatas.

Anda bisa mencobanya secara bertahap, disesuaikan dengan karakteristik produk dan saluran pemasaran yang ingin anda coba.

Jangan lupa untuk mengukur kinerja setiap saluran yang anda coba.

Sehingga bisa menilai, apakah saluran tersebut efektif atau tidak untuk mendatangkan pengunjung berkualitas ke website toko online anda.

Anda bisa menggunakan Google, Youtube, Facebook, Instagram dan yang lainnya.

8. Membuat sistem

Bisnis jalan, owner jalan-jalan.

Kami rasa, anda sudah sangat sering mendengar ungkapan tersebut. Dan ada benarnya juga memiliki mindset seperti itu. Supaya kita menjadi “owner pingitan”.

Punya banyak uang, tapi tidak bisa kemana-mana. Karena kalau tidak ada anda, bisnis tidak jalan.
Kami rasa, tidak satupun yang menginginkan ini.

Oleh karenanya, anda harus memikirkan untuk membuat sistem.

Saat anda tidak ada atau berhalangan untuk terlibat langsung dengan bisnis. Hal ini tidak mengganggu bisnis anda secara keseluruhan.

Jadi, jika bisnis online anda sudah menghasilkan profit secara konsisten. Langkah penting berikutnya yang mesti anda lakukan adalah membangun sistem.

Sistem bisnis ini tidak hanya membantu anda menjadi lebih leluasa, tetapi juga memudahkan saat ingin menduplikasinya dikemudian hari.

Jika bisnis anda sudah tersistem dengan baik, maka anda bisa mengembangkannya menjadi bisnis yang lebih besar lagi. Sehingga potensi profit juga semakin besar.

Sistem ini juga berguna agar bisnis anda berjalan secara efektif dan efisien.

9. Membangun Tim Bisnis

Semakin besar bisnis anda, tentu anda membutuhkan semakin banyak orang.
Jadi, mulailah membangun tim bisnis anda.

Toko Online anda akan semakin sukses jika didukung oleh Tim yang solid dan mumpuni. Terkadang, tim ini berbanding lurus dengan profit.

Jika tim bisnis anda solid, maka profit bisa didapatkan dengan lebih mudah.
Begitu juga sebaliknya.

Jadi, mulailah membangun tim bisnis anda dari segala sisi. Pengetahuan, system kerja dan hal penting lainnya.

Saat merekrut tim, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan.

Tips merekrut Tim Toko online

Pertama, pastikan merekrut orang yang bisa bekerjasama dengan yang lain. Jujur dan memiliki karakter yang baik. Sehingga impian anda akan tim yang solid bisa di wujudkan.

Kedua, berikan tugas yang jelas dan tertulis. Sehingga setiap tim mengetahui apa yang harus dikerjakannya. Bagian ini adalah elemen krusial dalam membangun tim yang solid.

Ketiga, berkomunikasi dengan tim secara intensif. Komunikasi yang dilakukan adalah komunikasi 2 arah. Sehingga anda bisa dengarkan apa masalah dan kendala mereka.

Komunikasi ini sangat penting untuk menemukan solusi dari masalah yang ada.

Keempat, memberikan reward (penghargaan) pada tim. Baik berupa THR, Bonus serta komisi. Untuk skema pemberikan reward ini bisa anda buat sendiri.

Tapi hati-hati, jangan sampai reward yang diberikan ini memicu masalah baru. Karena anda memberikan reward pada orang yang salah.

Kelima, sebagai owner toko online anda jangan ngebossy. Walaupun hal itu lazim sebagai pemilik usaha. Hanya saja, hal tersebut akan berdampak pada tidak baiknya hubungan anda dan karyawan, terlalu kaku karena sifatnya atasan bawahan.

Itulah beberapa tips singkat untuk anda yang ingin bangun tim impian.

10. Evaluasi

Kami menyakini bahwa bisnis akan tumbuh dan berkembang jika di evaluasi secara terus menerus. Mana yang menghasilkan dan manapula yang tidak.

Untuk yang bagus  dan menghasilkan bisa dilanjutkan. Sedangkan yang tidak, bisa diubah atau ditinggalkan.

Jadi, jangan enggan untuk melakukan evaluasi bisnis anda secara berkala. Yang paling penting lagi, evaluasinya secara jujur. Sehingga anda mengetahui problem utamanya.

Jika semuanya sudah berjalan sesuai dengan yang anda inginkan.
Maka, anda tinggal ulangi kesuksesannya.

Tempat menemukan Supplier Kredibel

Kita sudah belajar bagaimana langkah-langkah untuk memulai jualan online, apa kriteria saat memilih supplier di internet. Selanjutnya kita akan bahas tempat menemukan supplier kredibel.

Sebenarnya, ada banyak tempat untuk menemukan supplier.

Hanya saja, sebagian besar dari mereka mensyaratkan kita untuk membayar/membeli produk mereka dalam jumlah tertentu. Padahal, kita masih dalam tahap testing produk.

Apalagi bagi anda yang memiliki modal kecil, tentu ini menjadi masalah.

Alternatifnya, kita akan mencari supplier di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada serta Indotrading. Akan ditambahkan jika masih ada yang lain.

Baik, mari kita bahas satu persatu.

01. Shopee

Mencari supplier di Marketpace sebenarnya tidak terlalu sulit.

Karena, kita bisa menggunakan fitur-fitur bawaan dari Marketplace. Seperti pencarian, filter, ulasan serta fitur penting lainnya.

Biasanya, saat mencari supplier di Shopee, kami menetapkan beberapa kriteria berikut.

  • Produknya Bintang 4-5
  • Masuk kategori Star Seller
  • Fast Response
  • Asal pengiriman Jabodetabek
  • Memiliki Opsi Gratis Ongkir

Jika anda ingin menambahkan kriteria lainnya juga bisa. Bisa diesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Misalnya, anda ingin supplier punya opsi pengiriman Pos Indonesia.

Intinya, manfaatkan fitur-fitur yang sudah disediakan di Shopee.

02. Tokopedia

Mencari supplier di Tokopedia juga tidak terlalu berbeda dengan Shopeee. Hanya saja, di Tokopedia kita memanfaatkan beberapa fitur penting yang jarang digunakan.

Jika anda belum menentukan produk yang akan dijual, kami menyarankan menggunakan hot list. Temukan produk yang unik dan banyak pembelinya.

Beberapa kriteria produk yang kami sarankan adalah

  • Lokasi pengirimkan Jabodetabek
  • Tersedia pengiriman via Gosend
  • Ulasan produknya minimal 4.6
  • Pastikan gambar produknya bagus, jika memungkinkan yang bisa kita edit

Sedangkan untuk kriteria supplier/tokonya

  • Maksimal memiliki 1000 produk
  • Lokasi pengiriman Jabodetabek
  • Pilih toko yang transaksi berhasilnya besar dari 95%
  • Cek jam online terakhir, pastikan mereka online pada jam-jam sibuk
  • Pastikan ulasan tersebar pada banyak produk
  • Untuk anda yang ingin dropshiping di Tokopedia, pastikan mereka mau order via whatsapp. Agar resi otomatis anda bisa digunakan.
  • Pastikan reputasi minimalnya Gold
  • Biasanya, kami juga mengecek kecepatan response.

Jika semua kriteria produk dan toko diatas sudah terpenuhi. Maka, anda bisa menghubungi mereka via fitur chat Tokopedia.

Jelaskan pada mereka bahwa anda berminat menjualkan produk mereka dengan cara droship.

Anda tidak perlu khawatir akan penipuan.

karena, toko-toko dengan tipe seperti ini tidak akan mengorbankan reputasi mereka hanya karena 1-2 orang.

Jadi, anda tidak perlu takut bertransaksi dengan mereka.

Kesimpulan

Oke, itulah beberapa tips sederhana cara jualan online dari kami.

Kami sangat berharap, anda yang membaca hingga sampai pada paragraph ini bisa mempraktekan ilmu ini dengan baik sehingga berhasil menndapatkan profit seperti yang lainnya.

Menghasilkan 15 – 30 juta perbulan dari jualan online memang tidak mudah.
Tapi, juga tidak mustahil.

Jadi, mari kita buktikan Bersama-sama

Ngomong-ngomong, jika anda ingin gabung jadi reseller, bisa gabung di macodigital.id

Default image
Hidayat Mundana

Hi, SEOElite.ID hadir untuk menyediakan informasi bermanfaat seputar Digital Marketing, Ecommerce, SEO serta tips-tips dasar SEO untuk pemula.

Articles: 36

Leave a Reply